2 Tutorial Cara Menghubungkan Smartwatch ke Android

0
15
Cara Menghubungkan Smartwatch ke Android

Dewasa ini, dunia digital mengalami kemajuan yang semakin pesat, salah satunya dengan kemunculan smartwatch. Jam tangan multifungsi yang sudah dilengkapi dengan akses ke ponsel masing-masing sehingga pengguna bisa lebih mudah dalam menggunakannya. Tidak hanya multifungsi, smartwatch juga dapat membantu menunjang penampilan Anda agar semakin paripurna. Untuk Anda yang kesulitan menyambungkan smartwatch dengan ponsel, berikut cara menghubungkan smartwatch ke Android yang bisa Anda lakukan.

Cara Menghubungkan Smartwatch ke Android

1. Melalui Android OS

Melalui Android OS

Pertama, Anda bisa menggunakan Android OS atau yang dulu disebut dengan istilah Wear OS. Sebelum menghubungkan smartwatch dengan ponsel Android, pastikan dulu jika jam tangan sudah menyala. Setelah itu, buka aplikasi Android OS yang ada di ponsel Anda. Jika belum memilikinya, silakan download lebih dulu di Play Store.

Kemudian klik opsi siapkan untuk memulai proses penghubungan. Pada smartwatch, ikuti petunjuk yang tertera di layar guna memilih bahasa dan menyetujui syarat layanan yang diajukan oleh smartwatch. Beralih ke ponsel, ikuti seluruh petunjuk yang ada di layar sampai muncul opsi berupa nama-nama jam tangan, pilih yang sesuai dengan smartwatch milik Anda.

Tunggu beberapa saat sampai ponsel dan jam tangan Anda memunculkan kode khusus sebagai tanda hak akses. Jika kode yang Anda dapatkan sudah sesuai, klik bagian sambungkan. Perlu diketahui bahwa proses penyambungan akan memakan waktu beberapa menit. Namun, jika kode yang Anda dapatkan berbeda, silahkan mulai ulang jam tangan dan coba lagi proses di atas.

2. Menggunakan Aplikasi MediaTek SmartDevice

Menggunakan Aplikasi MediaTek SmartDevice

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah melalui aplikasi MediaTek SmartDevice. Aplikasi MediaTek SmartDevice ini bisa Anda unduh secara gratis di Play Store. Setelah berhasil menginstall aplikasi, restart ponsel lebih dulu. Jika sudah menyala, aktifkan Bluetooth di ponsel dan smartwatch.

Kemudian, klik bagian pengaturan Bluetooth di smartwatch dan pilih opsi Search New Device, tunggu sampai muncul nama perangkat Bluetooth Anda. Setelah itu, kembali ke aplikasi MediaTek SmartDevice yang tadi sudah Anda download. Lihat apakah muncul notifikasi berupa ijin pembacaan, centang seluruhnya. Setelah itu, setujui segala macam notifikasi yang masuk ke ponsel agar sinkronisasi bisa sepenuhnya berhasil. Terakhir, klik OK untuk memverifikasi proses penghubungan.

Demikianlah tutorial cara menghubungkan smartwatch ke Android dengan mudah dan tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Bagaimana? Sudah menentukan ingin menggunakan cara yang mana?