Selasa, Agustus 3, 2021
BerandaTips3 Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Tidak Berfungsi

3 Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Tidak Berfungsi

Di masa sekarang, smartphone sudah didominasi dengan tipe layar sentuh yang canggih. Meskipun beberapa tipe ponsel masih menggunakan keypad, saat ini tipe layar sentuh lebih digandrungi oleh masyarakat. Namun terkadang, bagian layar ponsel mengalami kendala yang cukup menyebalkan. Layar terkadang bisa secara tiba-tiba tidak berfungsi.

Bagaimana jika hal ini tiba-tiba terjadi? Berikut cara mengatasi layar sentuh HP tidak berfungsi yang bisa Anda coba.

Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Tidak Berfungsi

1. Menutup Semua Aplikasi

Menutup Semua Aplikasi

Salah satu faktor yang bisa membuat layar berhenti beroperasi secara tiba-tiba adalah penggunaan aplikasi secara massal dalam waktu bersamaan. Hal ini memicu respon yang lambat dari bagian layar. Terlebih untuk beberapa aplikasi yang memiliki RAM berukuran besar.

Untuk itu, jika layar ponsel Anda secara tiba-tiba berheni beroperasi, sebaiknya tutup semua aplikasi yang sedang Anda jalankan atau uninstal beberapa aplikasi yang sekiranya tidak digunakan. Cara ini dilakukan guna menetralkan kembali ukuran RAM yang tadi digunakan oleh aplikasi tersebut. Setelah ruang RAM melebar, Anda bisa kembali mengoperasikan layar sentuh.

2. Rutin Membersihkan Layar

Rutin Membersihkan Layar

Hal satu ini seringkali dilupakan oleh para pengguna ponsel layar sentuh karena beranggapan jika sudah dilapisi dengan pelindung, layar tidak perlu lagi dibersihkan. Faktanya, kebersihan layar juga mempengaruhi cepat lambatnya respon sentuh layar.

Jika layar berdebu dan kotor, respon layar terhadap sentuhan juga akan mengalami penurunan sehingga rentan macet. Untuk itu, sebaiknya bersihkan layar ponsel secara rutin guna mencegah adanya debu atau kotoran yang masuk ke ponsel. Cara satu ini dinilai efektif mencegah layar dari kemacetan.

3. Mengganti Touchscreen

Mengganti Touchscreen

Cara satu ini bisa Anda terapkan jika kedua cara di atas sudah tidak mempan alias zonk. Kadangkala, touchscreen ponsel memiliki daya tahan yang rendah sehingga mudah rusak, terlebih jika ponsel terlalu sering digunakan untuk aktifitas berat seperti bermain game dalam jangka waktu yang lama. Jika hal ini terjadi, Anda bisa segera mengganti touchscreen ponsel ke tukang servis HP terdekat. Biaya penggantian umumnya disesuaikan dengan tipe ponsel Anda.

Demikianlah cara mengatasi layar sentuh HP tidak berfungsi yang bisa Anda terapkan. Jika mengalami keadaan seperti ini, sebaiknya segera lakukan langkah-langkah diatas guna meminimalisir adanya kerusakan yang lebih parah.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

New Post

Most Popular