Panduan Cara Membuat Antena Penguat Sinyal 4G Terbaru

0
101
cara membuat antena penguat sinyal 4g

Cara membuat antena penguat sinyal 4g penting diketahui, Sinyal atau jaringan kini menjadi poin penting untuk menunjang aktivitas manusia sehari-hari. Pasalnya, banyak sekali aktivitas yang membutuhkan bantuan internet. Sayangnya, sinyal seringkali tidak bersahabat di beberapa daerah meskipun sudah menggunakan jaringan 4G. Tentu saja, hal ini akan sangat menyebalkan dan mengganggu aktivitas berselancar di dunia maya.

Untuk membuat sinyal 4G lebih kuat, sebenarnya Kamu bisa membeli antena penguat sinyal 4G yang dijual di berbagai marketplace. Namun, harganya cukup mahal karena bisa mencapai jutaan rupiah. Tapi, tidak perlu khawatir karena ada cara membuat antena penguat sinyal 4G yang bisa Kamu buat sendiri di rumah. Lalu, bagaimana caranya?

Inilah Tutorial Cara Membuat Antena Penguat Sinyal 4G

Inilah Tutorial Cara Membuat Antena Penguat Sinyal 4G
Sumber foto : Electric-in-home.com

Untuk membuatnya, ada beberapa alat dan bahan yang perlu disiapkan. Membuat antena  bisa dikatakan gampang-gampang susah karena membutuhkan beberapa komponen atau bahan pembuat antena yang lumayan banyak. Nah, berikut ini adalah beberapa bahan yang harus Kamu siapkan.

  • Blok konektor/blok penghubung kabel.
  • Hanger pakaian dari bahan besi/kawat besi 1 pcs.
  • Baut atau mur kecil.
  • Kabel dengan panjang sesuai jarak antara ruangan di dalam rumah sampai ke luar rumah.
  • Tang untuk membentuk besi.
  • Wadah plastik atau pipa 1 buah.

Jika semua alat dan bahan tersebut sudah tersedia, kini saatnya Kamu mulai membuat antena penguat sinyal 4G menggunakan alat dan bahan tersebut. Untuk membuatnya, ikuti setiap langkah berikut ini:

kawat besi atau hanger besi
Sumber foto : Indonesian.wiremeshsteel.com
  1. Siapkan kawat besi atau hanger besi sebagai kerangka penguat sinyal. Bentuk kawat tersebut menggunakan tang membentuk persegi.
  2. Bagian ujung kawat ditekuk ke dalam.
  3. Ujung kawat yang sudah ditekuk dipasang blok penghubung kabel atau blok konektor.
  4. Siapkan wadah plastik atau pipa, kemudian dipotong pada satu sisinya sehingga membentuk dua bagian. Beri lubang dan masukkan baut atau mur yang pas. Bagian ini dibuat agar nantinya antena penguat sinyal ini bisa dikaitkan di tembok atau ditempel di tembok yang ada di luar rumah.
  5. Pasang kabel panjang dimana bagian ujungnya dikaitkan. Nantinya, kabel panjang ini berguna untuk disambungkan ke ponsel yang akan memperkuat sinyal 4G.
  6. Letakkan antena penguat sinyal tersebut di luar rumah. Jika memungkinkan, sebaiknya letakkan antena tersebut di atas rumah sehingga bisa menangkap sinyal dengan lebih mudah.
  7. Pada bagian ujung kabel, silahkan dikelupas agar muncul bagian dalam kabel. Selanjutnya, tempelkan pada wadah plastik yang nantinya ditempelkan pada ponsel.
  8. Tempel ujung kabel tersebut pada HP maupun modem bagian belakang, sehingga bisa menangkap sinyal dengan baik.

Selesai, antena penguat sinyal ini bisa langsung Kamu rasakan manfaatnya. Dengan antena tersebut, kekuatan sinyal HP 4G Kamu akan meningkat. Alat yang dibutuhkan sangat sederhana dan cara membuat antena penguat sinyal 4G pun sangat mudah dilakukan. Namun, perlu hari-hati dalam proses pembuatannya agar alat ini tetap aman digunakan. Jika ingin lebih aman lagi, sebaiknya gunakan antena penguat sinyal yang sesuai standar meskipun harganya sedikit lebih mahal.