Panduan Cara Menggunakan Droidcam Lengkap dan Mudah

0
217
Cara Menggunakan Droidcam

Sudah sekitar satu setengah tahun pandemi Covid-19 melanda dunia termasuk negara kita Indonesia. Akibatnya mau tidak mau banyak aktivitas yang harus dipindahkan ke rumah seperti sekolah, kuliah, pekerjaan kantor dan sebagainya. Semua itu membutuhkan perangkat untuk melakukan video call. Simak cara menggunakan Droidcam agar video call bisa dilakukan dengan mudah.

Mengapa memakai Droidcam? Tanpa video call maka semua aktivitas daring tersebut tidak mungkin bisa dilakukan namun untuk membeli webcam juga membutuhkan dana tambahan. Pakai saja yang sudah ada yaitu kamera pada HP Android salah satunya dengan aplikasi DroidCam.

Cara untuk Menggunakan Droidcam pada Laptop

Cara untuk Menggunakan Droidcam pada Laptop
Sumber foto : Tekno.esport.com

Aktivitas daring seperti Work From Home (WFH) dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) membutuhkan perangkat yang bagus untuk melakukan video call. Gunakan aplikasi Droidcam dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bukalah aplikasi Droidcam Client pada PC baik komputer atau laptop.
  2. Kemudian buka Droidcam pada perangkat atau HP Android.
  3. Setelah itu pastikan bahwa ada koneksi internet ataupun WiFi yang terhubung dengan HP dan PC. Pastikan juga bahwa koneksi tersebut berasal dari jaringan yang sama. Cara lainnya adalah gunakan HP Android sebagai sumber jaringan internet dengan membuka hotspot tethering lalu hubungan ke PC.
  4. Kemudian isi data pada kolom yang ditampilkan oleh aplikasi Droidcam Client berupa alamat IP pada WiFi atau sambunga internet yang digunakan.
  5. Setelah itu klik pada tombol “Start”.
  6. Lihat apakah karema HP sudah terhubung dengan PC atau belum.
  7. Jika kamera pada HP Android sudah terhubung dengan komputer atau laptop maka proses pengaktifan Droidcam selesai dan bisa digunakan.

Pilih perangkat Android yang memiliki kamera cukup bagus. Kamu bisa memilih kamera mana yang akan digunakan sebagai webcam apakah kamera depan atau belakang. Keuntungan menggunakan aplikasi Droidcam selain mudah digunakan juga tidak memerlukan tambahan kabel USB lagi.

Itulah cara menggunakan Droidcam yang sangat mudah untuk dilakukan guna mendukung aktivitas daring selama masa pandemi Covid-19. Mudah, praktis dan tidak memerlukan biaya tambahan lagi sehingga semua aktivitas daring bisa dilakukan dengan lancar tanpa kendala apapun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here