5 Tips Buat Sinyal WiFi di Rumah Stabil, Wajib Dicoba!

0
31

Keadaan WiFi di rumah terasa lemot memang jadi masalah yang menyebalkan, apalagi bagi kamu yang masih melakukan pekerjaan, sekolah, hingga mengakses hiburan seperti nonton Netflix dari rumah. Tidak hanya membuat kamu pusing, tapi juga mengganggu semua kegiatan yang harusnya bisa berjalan lancar jika WiFi di rumah stabil.

Kondisi WiFi yang lambat ternyata bukanlah tanpa sebab. Jika biasanya salah satu faktor yang menyebabkan kecepatan WiFi jadi lambat karena cuaca, tapi saat kondisi cuaca cerah dan sinyal WiFi tetap tidak stabil, itu artinya ada yang perlu kamu lakukan dengan router WiFi di rumahmu. Sehingga ada beberapa trik ini bisa kamu terapkan dan dijamin permasalahan sinyal WiFi yang lemot bisa teratasi.

  1. Gunakan WiFi Extender

Bagi kamu yang memiliki rumah dua lantai, hal pertama yang paling sering terjadi adalah sinyal WiFi di lantai bawah terasa lebih ngebut ketimbang di lantai atas. Biasanya masalah ini muncul karena peletakan router atau AP yang berada di lantai satu. Sehingga kecepatan sinyal WiFi yang dipancar di lantai satu jauh lebih baik.

Namun, kamu tidak perlu khawatir dan langsung memasang dua router sekaligus, karena kamu bisa gunakan WiFi extender di rumah kamu. WiFi extender adalah alat yang digunakan untuk memperkuat dan memperluas jaringan WiFi pada tempat-tempat yang sulit dijangkau, seperti sudut rumah, ruangan dengan dinding yang tebal, hingga ruangan di lantai dua yang jaraknya jauh dari router atau access point.

Kamu yang ingin membeli WiFi extender dengan harga terjangkau, kamu bisa pilih Xiomi WiFi Extender. Dibandrol dengan harga sekitar Rp 124.000, WiFi extender ini dilengkapi dengan 2 antena dan bisa digunakan oleh semua jenis router.

  1. Mengatur Posisi RouterĀ 

Penempatan posisi router yang tidak benar juga menjadi masalah yang membuat sinyal WiFi tidak mampu meng-cover seluruh area rumah. Penempatan router WiFi yang benar perlu diketahui, agar masalah sinyal WiFi lemot tidak jadi masalah lagi.

Pertama, pastikan posisi router berada di tengah ruangan dan hindari meletakkannya di sudut ruangan. Untuk lebih mengoptimalkan pancaran sinyal WiFi, sebaiknya pasang router setinggi-tingginya, bisa di rak buku, di atas lemari, atau berikan sanggahan agar bisa menempel di dinding.

  1. Mengubah Frekuensi Sinyal WiFi

Biasanya frekuensi yang sering digunakan berada ada angka 2,4 Ghz. Kali ini ubahlah frekuensinya router menjadi 5 Ghz. Mengubah frekuensi menjadi 5 Ghz sangat disarankan.

Hal ini karena frekuensi 2,4 Ghz tidak hanya digunakan oleh router, tapi juga perlengkapan rumah tangga seperti microwave, hingga telepon rumah. Artinya frekuensi yang dipancarkan saling mengganggu satu sama lain.

Jadi mulai sekarang rubahlah jaringan WiFi yang sebelumnya memiliki frekuensi 2,4 Ghz menjadi 5 Ghz agar sinyal WiFi di rumah terasa lebih cepat dan pastikan bahwa ponsel kamu juga support saat menggunakan jaringan tersebut.

  1. Mengganti Channel WiFi

Tak berhenti sampai di situ, untuk menuntaskan masalah WiFi yang sering lemot kamu bisa mengganti channel WiFi. Channel WiFi berfungsi untuk mengontrol seberapa luas sinyal WiFi saat digunakan dalam mentransfer data.

Di dalam satu frekuensi terdapat beberapa channel yang bisa kamu gunakan. Jika kamu menggunakan channel yang sudah padat, maka akan berpengaruh pada kecepatan WiFi yang kamu gunakan.

Sehingga untuk mendapatkan sinyal WiFi yang kencang, kamu perlu mencari channel yang masih sepi dan tidak tertumpuk dengan channel lain yang digunakan. Untuk mencarinya kamu memerlukan aplikasi seperti WiFi Analyzer untuk mencari mana channel yang masih sepi.

  1. Meningkatkan power transmisi WiFi

Setiap router pasti memiliki pengaturan transmisi WiFi. Tujuan dari pengaturan ini adalah untuk mengatur kekuatan router dalam melakukan transmisi sinyal nirkabel. Langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengubah pengaturan power transmisi diantaranya:

  • Pertama, buka halaman konfigurasi router yang biasanya berada di bagian bawah. Untuk mempermudah proses ini, kamu bisa ikuti dari buku panduan.
  • Kedua, masukkan username dan password
  • Kali ni penulis menggunakan layanan WiFi dari Indihome, sehingga kamu perlu ke halaman Network, kemudian ke WiFi Control.
  • Setelah itu, ganti WiFi Control Power dari 100% ke 200%, sehingga kekuatan sinyal WiFi akan jauh lebih kencang.

Meski kecepatan internet di Indonesia tidaklah secepat negara lainnya, tapi kelima tips di atas bisa kamu praktekkan untuk mengatasi sinyal WiFi yang sering lemot dan sulit meng-cover seluruh area rumah. Semoga dapat membantu dan membuat semua aktivitas yang berhubungan dengan WiFi jadi lebih lancar.