Asus Zenfone 6 Seharga 9 Jutaan, Apa Spesifikasinya?

0
93

Asus Zenfone 6 dirilis dengan desain yang futuristik dan mengusung kamera flip sebagai fitur andalannya. Mengutip dari HiTekno (hitekno.com), ponsel pintar terbaru dari Asus ini memiliki spesifikasi tinggi dengan kamera flip sebagai ‘atraksi’ utamanya. Adanya kamera flip membuat tampilan layar menjadi lebih luas. Desainnya pun terlihat futuristik. Kamera flip merupakan hal utama yang membuat banyak orang melirik Zenfone 6.

Sejauh ini tidak ada yang menyangkal keunikan kamera tersebut. Bagaimana dengan detail spesifikasinya? Zenfone 6 memiliki spesifikasi yang diperuntukkan untuk segmen kelas atas. Hal tersebut terlihat dari chipset yang digunakan, CPU, RAM, memori internal, dan tentu saja fitur canggih bernama kamera flip. Harganya yang hampir mencapai 10 juta rupiah kian menandakan bahwa Zenfone 6 merupakan smartphone high-end.

Tingginya Spesifikasi Zenfone 6

Mengutip dari Tom’s Guide (tomsguide.com), Zenfone 6 memiliki spesifikasi yang boleh dikatakan menarik. Sejalan dengan hal tersebut banderol harganya pun dinilai layak atau sesuai dengan spek-nya. Pujian dan respons positif juga diberikan untuk kamera flip dan fitur sensornya serta kapasitas baterai yang besar. Keduanya cukup untuk membuat Zenfone 6 berbeda dari smartphone lain di kelasnya. Berikut adalah spesifikasi Zenfone 6.

CPU Qualcomm Snapdragon 855
RAM 6 GB; up to 8 GB
Storage 64 GB; up to 256 GB
Screen Size 6.4 inch Full HD+ LCD
Front/Rear Camera Dual; 48 MP Wide Angle (f/1.79); 13 MP Ultra Wide Angle
Battery Size 5.000 mAh
Size 6.26 x 2.95 x 0.33 inches
Weight 6.73 ounces
OS Android 9 Pie with ZenUI 6

 

Zenfone 6 sudah dibekali komponen-komponen yang canggih dan menjamin performa yang baik. Chipset yang digunakan Qualcomm Snapdragon 855 dengan kapasitas RAM dan penyimpanan yang cukup besar. Adanya fitur kamera flip membawa berkah bagi tampilan layar yang lebih terlihat jelas. Secara umum, Asus Zenfone 6 merupakan smartphone Asus dengan spek tinggi yang tidak bisa diabaikan apalagi diremehkan.

Fitur Kunci: Kamera Flip

Kamera flip merupakan fitur unik yang menjadi pembeda antara Zenfone 6 dan smartphone lain. Kamera tersebut dapat dikatakan fresh dan sebuah inovasi. Kamera tersebut dapat bergerak atau berputar 180 derajat. Dengan demikian kamera flip tersebut dapat memotret ke depan, belakang, dan ke sudut di antaranya. Imbas positif lain dare kamera flip tersebut adalah membuat area atau ruang layar menjadi lebih lega dan jelas.

Jika diamati dengan seksama, desain kamera flip tersebut terlihat modern dan canggih. Sulit untuk tidak terkesan ketika melihan kamera flip tersebut beraksi dan memoterte objek di berbagai penjuru. Kamera flip tersebut menggunakan sensor Sony IMX586 dengan resolusi 48 MP. Selain itu lensa dengan resolusi 13 MP ultra wide-angle juga digunakan. Bagaimana dengan pengalaman menggunakan kamera flip tersebut?

Memotret dengan kamera flip tersebut terasa sangat mudah, cepat, dan terutama responsif. Asus membekali kamera flip pada Zenfone 6 tersebut dengan beberapa fitur. Fitur-fitur pada kamera flip tersebut adalah Raw Mode, AI Scene Detection, dan Super Night Mode. Selain kamera flip, baterai yang digunakan pada Zenfone 6 juga cukup mendapatkan perhatian dan mengundang banyak respons.

Zenfone 6 menggunakan baterai 5000 mAh. Mengutip dari Tech Radar (techradar.com), baterai tersebut 20% lebih besar dari baterai tahan laman Huawei P30 Pro. Asus sendiri mengkalim bahwa baterai tersebut mampu bertahan digunakan selama 2 hari penuh, 33.3 jama menelepon, atau 26 hari dalam keadaan standby. Anda pasti sudah memiliki ekspektasi mengenai berapa kira-kira harga Zenfone 6 tersebut.

Kapan Tersedia di Indonesia?

Zenfone 6 dijual dengan harga 499 Euro atau setara 9.2 juta Rupiah untuk versi RAM 6 GB dan ruang penyimpanan 64 GB. Anda dapat membayar 50 Euro atau setara 923 ribu Rupiah untuk ruang penyimpanan 128 GB. Selain itu, Anda juga bisa membeli Zenfone 6 seharga 599 Euro atau setara 11 juta Rupiah untuk versi top-end dengan RAM 8 GB dan ruang penyimpanan 256 GB.

Harga yang dibanderol memang tidak murah. Untuk ketersediaannya di Indonesia, tampaknya Anda harus berharap dan bersabar. Belum ada tanggal pasti mengenai kapan Zenfone 6 akan dijual di Indonesia. Zenfone 6 sendiri sudah resmi dijual di Eropa dan akan segera tersedia untuk pasar global. Bagaimana menurut Anda, apakah harga yang dibanderol Asus untuk Zenfone 6 itu sudah layak dengan kapabilitasnya?

Dengan spesifikasi yang tinggi dan kecanggihan fiturnya, Asus Zenfone 6 ini memang layak mendapatkan banyak perhatian. Dibandingkan dengan smartphone rilisan Asus sebelumnya, Zenfone 6 memang dibekali dengan fitur yang menjanjikan. Asus selama ini tidak begitu dikenal sebagai pembuat smartphone yang sangat sukses. Zenfone 6 diharapkan dapat membuat Asus menjadi brand smartphone yang semakin diperhitungkan.