Jumat, Desember 5, 2025
BerandaUncategorizedBank Mandiri Menangkan Penghargaan Cloudera APAC 2025 Berkat Optimasi AI

Bank Mandiri Menangkan Penghargaan Cloudera APAC 2025 Berkat Optimasi AI

Inovasi Digital Bank Mandiri Meraih Penghargaan Internasional

Bank Mandiri kembali menorehkan prestasi di kancah internasional dengan meraih penghargaan Cloudera APAC Data Impact Award (DIA) 2025 dalam kategori Analytics, Machine Learning, dan AI Advantages. Penghargaan ini diberikan karena Bank Mandiri berhasil mengoptimalkan penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan layanan kepada nasabah.

SVP Enterprise Data Analytics Bank Mandiri, Kurnia Sofia Rosyada, menyampaikan bahwa pihaknya secara terus-menerus memanfaatkan data analytics dan teknologi AI untuk memberikan layanan yang lebih personal, meningkatkan efisiensi operasional, serta mempercepat adopsi layanan digital. “Penghargaan ini menjadi bukti nyata dari sinergi strategi digital dan adopsi teknologi AI di Bank Mandiri,” ujarnya dalam pernyataan resmi.

Menurut Kurnia, komitmen Bank Mandiri adalah untuk menyediakan layanan inovatif yang tidak hanya memberikan nilai tambah bagi nasabah, tetapi juga memperkuat inklusi keuangan serta mendukung perekonomian nasional. Hal ini sejalan dengan visi bank untuk menjadi mitra strategis dalam transformasi digital Indonesia.

Cloudera, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, mengembangkan platform data berbasis cloud hybrid yang digunakan untuk pengelolaan big data di berbagai sektor. Melalui Cloudera Data Impact Awards, ajang tahunan yang telah berlangsung lebih dari satu dekade, Cloudera memberikan apresiasi kepada organisasi yang menggunakan platformnya secara inovatif dan berdampak signifikan. Penghargaan ini menjadi pengakuan internasional bagi pelopor inovasi berbasis data, termasuk institusi perbankan besar di Asia Pasifik.

Keberhasilan Bank Mandiri dalam penerapan teknologi digital didukung oleh pertumbuhan pesat SuperApp Livin’ by Mandiri. Hingga Mei 2025, jumlah pengguna SuperApp ini mencapai 31,6 juta, meningkat 24% dibanding tahun sebelumnya. Selain itu, frekuensi transaksi di aplikasi ini tumbuh sebesar 26% menjadi 1,83 miliar kali, sementara nilai transaksi meningkat 12% menjadi Rp 1.744 triliun.

Tidak hanya itu, volume transaksi Kopra by Mandiri juga melonjak 13% year on year (yoy) menjadi 583 juta transaksi. Nilai transaksi Kopra juga naik 19% yoy menjadi lebih dari Rp 10.000 triliun. Sementara itu, Livin’ Merchant semakin diminati oleh pelaku bisnis, dengan pertumbuhan pengguna terdaftar sebesar 13% yoy menjadi 2,7 juta pengguna.

Pencapaian Bank Mandiri dalam transformasi digital ini selaras dengan semangat HUT Ke-80 Kemerdekaan RI, Bersatu Berdaulat Rakyat Sejahtera Indonesia Maju. Bank Mandiri hadir sebagai mitra strategis pemerintah dan masyarakat, memberikan sinergi layanan perbankan digital yang menyeluruh untuk mempercepat transformasi ekonomi Indonesia.

Di masa depan, Bank Mandiri akan terus mendorong inovasi dan layanan bagi nasabah, serta memperluas inklusi keuangan secara menyeluruh. Dengan pendekatan yang responsif dan berorientasi solusi, Bank Mandiri optimistis dapat menjaga momentum pertumbuhan serta memperkuat kontribusinya terhadap sistem keuangan nasional.

zonagadget
zonagadgethttps://www.zonagadget.co.id/
Berikan ilmu yang kamu punya, niscaya kamu akan mendapatkan yang lebih
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

New Post

Most Popular