Kerja Sama Telkomsel dengan OpenAI untuk Mendorong Inovasi Berbasis AI
PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan OpenAI, pengembang ChatGPT. Kolaborasi ini bertujuan untuk menggali potensi penerapan solusi lintas industri yang memberikan dampak nyata. Beberapa bidang yang akan dijajaki antara lain optimalisasi layanan pelanggan dan pengembangan inovasi berbasis data dengan dukungan teknologi dari OpenAI.
Selain itu, Telkomsel juga berencana untuk menyediakan ChatGPT Enterprise, yang akan digunakan untuk meningkatkan literasi dan produktivitas karyawan melalui kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Dengan jaringan yang menjangkau hingga ke pelosok negeri, kolaborasi ini diharapkan mampu memperluas akses teknologi AI bagi jutaan masyarakat Indonesia.
“Tujuan kami adalah membuat AI yang inklusif. Kami ingin agar ChatGPT dan AI dapat membantu masyarakat Indonesia dalam berbagai aspek kehidupan, baik dalam kehidupan sehari-hari, bekerja, maupun belajar,” ujar Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam, dalam acara Solution Day 2025 di Jakarta, Kamis (21/8/2025).
Penguatan Kolaborasi Lintas Sektor
Selain bekerja sama dengan OpenAI, Telkomsel Enterprise juga memperkuat kerja sama lintas sektor melalui beberapa penandatanganan perjanjian. Pertama, bersama SCSK, Telkomsel menghadirkan solusi jaringan yang menggabungkan perangkat andal dengan layanan konektivitas dan managed services. Solusi ini bertujuan untuk menyediakan infrastruktur yang efisien, andal, dan scalable bagi berbagai sektor di Indonesia.
Kedua, dengan PERTAABI, Telkomsel memberdayakan asosiasi tersebut dalam mendorong transformasi digital ekosistem melalui solusi konektivitas dan layanan Telkomsel. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional bagi seluruh anggota PERTAABI di Indonesia.
Peluncuran Empat Solusi Digital Baru
Telkomsel turut memperkuat portofolio segmen business to business (B2B) dengan meluncurkan empat solusi digital baru yang mengadopsi 5G dan AI. Keempat solusi tersebut adalah Telkomsel QRIS Soundbox, SiteSense, Telkomsel LinkCar, dan Sovia. Direktur Utama Telkomsel, Nugroho, mengatakan bahwa solusi-solusi ini diharapkan dapat memberikan manfaat nyata bagi ekosistem bisnis.
Telkomsel QRIS Soundbox menawarkan pembayaran yang diklaim aman dengan konfirmasi suara secara real-time, serta konektivitas stabil Telkomsel. Solusi ini juga dilengkapi dengan QR dinamis yang mendukung adopsi luas dan perkembangan pembayaran digital di Indonesia.
SiteSense merupakan platform location intelligence berbasis data besar mobilitas dan demografi Telkomsel yang diperkuat dengan analitik spasial. Platform ini memungkinkan evaluasi lokasi bisnis secara real-time untuk mendukung studi kelayakan, ekspansi distribusi, hingga pengembangan properti.
Telkomsel LinkCar adalah platform real-time untuk kendaraan berbasis jaringan Telkomsel. Solusi ini memungkinkan pemantauan, pelacakan, efisiensi operasional, hingga akses hiburan untuk mendukung ekosistem kendaraan yang lebih terintegrasi dan cerdas.
Sovia merupakan solusi percakapan cerdas dari Telkomsel yang membantu bisnis menjangkau pelanggan secara aman dan efisien. Sovia memiliki kemampuan skalabilitas tinggi untuk menangani interaksi pelanggan dalam volume besar, sekaligus mendorong produktivitas dan hasil yang terukur di berbagai industri.

