Berbagai Layanan Internet untuk Pembelajaran Jarak Jauh

0
35

Sejak pandemi Covid-19 muncul di Indonesia, kegiatan belajar mengajar tidak bisa lagi dilakukan secara langsung. Kalau dipaksakan untuk masuk, risiko terjadi cluster penularan akan besar. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah mencanangkan Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ alias daring.

Pembelajaran ini dilakukan secara online atau daring oleh semua peserta didik. Sayangnya, permasalahan baru terkait dengan belajar online ini muncul. Nah, permasalahan baru itu adalah banyaknya kuota internet yang harus digunakan dan biaya belajar yang mahal.

Operator Berlomba-Lomba Tawarkan Paket Internet

Melihat permasalahan yang cukup pelik ini, beberapa perusahaan operator di Indonesia berusaha memberikan paket internet gratis atau diskon. Paket ini bisa digunakan untuk belajar online di rumah atau di manapun.

1. Telkomsel

Sebagai salah satu operator seluler penyedia layanan internet, Telkomsel menyediakan paket murah dengan harga Rp10,- untuk data sebesar 10GB. Kuota ini bisa digunakan untuk keperluan conference dan mengakses beberapa aplikasi belajar online yang bekerja sama.

2. Tri Indonesia

Tri Indonesia berkomitmen menyediakan kuota gratis pada siswa, guru, dan tenaga pengajar lain. Mereka bisa mendaftarkan nomornya di sekolah untuk mendapatkan kuota internet sebesar 30 GB.

Kuota ini terbagi menjadi dua, 10 GB untuk akses semua aplikasi, sisanya bisa dipakai untuk aplikasi belajar dan conference. Kuota ini bisa dipakai 24 jam selama 30 hari. Bulan selanjutnya ada biaya langganan yang lebih murah.

3. XL Axiata

XL Axiata dan Axis juga menyediakan kuota sebesar 30 GB gratis untuk akses ke aplikasi belajar dan aplikasi conference. Kuota yang diberikan akan dibagi dua sebesar 15 GB untuk Zoom, Google Hangout, dan lainnya. Sisa kuota untuk aplikasi belajar yang bekerja sama.

4. Indosat Ooredoo

IM3 menyediakan paket pintar yang bisa dipakai untuk mengakses banyak situs atau platform belajar di Indonesia. Kuota yang diberikan untuk paket itu sebesar 30 GB. Lumayan besar, bukan?

Adanya paket internet yang murah dan gratis akan memudahkan pelajar untuk mengakses materi dan mengerjakan tugasnya. Jadi, kegiatan belajar mengajar bisa berjalan dengan lebih mudah dan tidak membebani siswa untuk mendapatkan paket internet yang mahal.