JAKARTA, ZONA GADGET
– PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (dikenal sebagai GoTo atau GoTo Group) serta Indosat Ooredoo Hutchison (disingkat menjadi Indosat atau IOH) telah mengumumkan kerjasama mereka untuk memperkenalkan inovasi baru di lingkungan bisnis digital ini.
Model Bahasa Besar (MBB) sumber terbuka
Indonesia, yakni Sahabat-AI.
Dengan peningkatan kapasitas hingga 70 miliar parameter, Sahabat-AI sekarang menyediakan presisi yang lebih baik, memungkinkan peluncuran fitur obrolan terbarunya yang bisa dinikmati melalui website sahabat-ai.com ataupun dalam aplikasi GoPay lewat pilihan “Favorit Warga”.
Layanan tersebut dilengkapi kemampuan penalaran canggih sehingga memudahkan pengguna untuk bertanya dan mendapatkan jawaban informatif dengan bahasa yang alami.
Singkatnya, layanan ini layaknya mesin ChatGPT, Gemini, hingga MetaAI yang merupakan besutan negara lain.
Patrick Walujo, Direktur Utama GoTo Group, menyebutkan bahwa dengan menggunakan model berbasis 70 miliar parameter serta dilengkapi fitur obrolan terbaru, Sahabat-AI kian meneguhkan posisi sebagai sistem kecerdasan buatan yang disesuaikan dengan ciri khas Indonesia.
“Dengan mengembangkan model ini bersama Indosat dan mitra lainnya, kami menciptakan platform yang lebih pintar, cepat, dan terjangkau. Kami juga menghadirkan layanan chat Sahabat-AI di aplikasi GoPay yang sudah digunakan jutaan orang, sehingga masyarakat di seluruh negeri dapat dengan mudah mendapat manfaat dari LLM khas Indonesia ini,” ujarnya saat jumpa pers di Jakarta, Senin (2/6/2025).
Patrick menyebutkan bahwa GoTo Gojek Tokopedia sedang mengerjakan teknologi LLM guna memperbaiki pelayanannya.
“Sebagai contoh GoFood, pengguna mencari makanan yang ingin mereka beli melalui fitur pencarian, dan hasilnya dapat mencapai hingga 1.000 varian. AI akan membantu pelanggan menemukan apa yang mereka inginkan,” jelasnya.
Teknologi AI tersebut juga bisa digunakan untuk meningkatkan layanan pelanggan alias customer services.
“Sebanyak apapun
customer services
Manusia saja tak mencukupi. Kita juga telah melatih kecerdasan buatan untuk CS Gojek serta GoPay,” ungkap Patrick.
Sementara itu, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha menjelaskan bahwa model terbaru Sahabat-AI kini dapat digunakan dalam lima bahasa daerah, yakni Bahasa Indonesia, Jawa, Sunda, Bali, dan Batak, serta sejumlah bahasa internasional lainnya.
Model ini juga dapat berjalan secara optimal pada infrastruktur yang dapat diakses secara lokal, memungkinkan berbagai pengguna, mulai dari perusahaan rintisan tahap awal, laboratorium universitas, hingga institusi layanan publik berskala besar, untuk mengintegrasikan AI dalam pekerjaan mereka sehari-hari.
“Pengembangan Sahabat-AI menjadi bukti semangat gotong royong Indonesia, yang menyatukan institusi riset, universitas, organisasi media, lembaga pemerintah, dan mitra lainnya dalam upaya nasional,” katanya.
Sejak awal, Sahabat-AI telah dirancang selaras dengan tujuan kedaulatan digital Indonesia.
Seluruh data dan infrastruktur GPU yang digunakan untuk melayani model ini disimpan di wilayah Indonesia atau di server milik pengguna sendiri, memastikan kepatuhan terhadap regulasi data nasional.
Dengan menyimpan dan mengolah data langsung di Indonesia, Sahabat-AI membuka kesempatan baru bagi pemerintah dan instansi publik Indonesia untuk membangun layanan AI yang aman dan berdaulat.
Cara Menggunakan Sahabat-AI
1. Lakukan kunjugan ke website resmi Sahabat-AI melalui alamat sahabat-ai.com
2. Pilih opsi “Berbicara dengan Sahabat-AI”
3. Buatlah akun agar dapat menggunakannya dalam layanan obrolan Sahabat-AI dengan memasukkan nomor telepon yang sudah didaftarkan di akun GoPay Anda.
4. Sesudah masuk ke sistem, Anda sudah bisa berkomunikasi secara langsung dengan Sahabat-AI. Tulis pertanyaan atau perintah di kotak yang telah disediakan lalu gunakan layanan tersebut.

