Cara Mudah Mengatasi Memori Internal Android Penuh

0
397

Smartphone mempunyai ragam memori internal. Ada yang kecil dan ada juga yang besar. Bagi pengguna smartphone bermemori rendah, Anda jangan khawatir karena banyak cara untuk mengatasi memori internal yang penuh akibat memorinya kecil. Kebutuhan smartphone memang begitu tinggi di Indonesia. Pembelinya biasanya mencari smartphone dengan memori internal yang tinggi.

Pasalnya bukan hanya dipakai untuk telepon saja. Kegunaan smartphone di era teknologi seperti sekarang lebih dari sekedar menelepon pacar atau orang tua. Bahkan fungsi smartphone bisa menunjang pekerjaaan yang Anda lakukan sekarang ini. Lantas bagaimana jika memori internal penuh? Anda jangan khawatir, Anda bisa mengatasinya dengan cara berikut.

Menggunakan Memori Eksternal

Cara pertama ini cocok bagi pemegang smartphone dengan slot microSD didalamnya. Mengingat tidak sedikit smartphone yang tidak dilengkapi dengan slot ini. Disini Anda bisa menggunakan memori eksternal yang kapasitasnya sesuai dengan kebutuhanmu. Banyak kelas di memori eksternal. Semakin tinggi kelasnya tentu kecepatan transfernya juga semkain cepat.

Jangan Lupa Cek Penyimpanan Data Dan Cache

Alasan utama kenapa memori internal penuh adalah banyak data yang tersimpan di memori tersebut. Biasanya setelah kita membuka aplikasi atau habis browsing akan mendapati cache didalamnya. Jika ini tidak dihapus secara berkala tentu akan menghabiskan memori dan membuatnya penuh. Untuk menghapus cache Anda bisa masuk ke menu setting, lalu ke Apps dan pilih aplikasi yang mau dihapus datanya. Selanjutnya Anda bisa klik ok.

Gunakan Penyimpanan Cloud

Penyimpanan ini memungkinkan punya akses  ke akun tertentu yang ada di server aplikasi tersebut. Banyak layanan cloud yang bisa dipakai disini. sebut saja seperti Google Drive, Dropbox dan ObeDrive. Anda bisa menggunakan salah satunya atau bahkan semuanya. Jika masih kurang, Anda bisa mendaftarkan diri di media penyimpanan yang lebih besar. Namun Anda harus membayar setiap tahunnya.

Itu adalah cara mudah untuk mengatasi memori internal yang penuh. Memori internal yang penuh biasanya juga menghambat kinerja smartphone. Pasalnya bisa lelet dan pastinya akan cepat panas. Agar  Anda tidak mengalami hal itu, 3 cara yang telah kami sediakan bisa diikuti sesuai keinginan.