Hindari Kebiasaan Ini agar Baterai Handphone Tidak Cepat Rusak

0
28

Tahukah Anda bahwa secanggih apapun smartphone apabila tidak dirawat dengan baik pasti akan rusak juga. Salah satu komponen yang paling penting adalah baterai, jika bermasalah maka Anda tidak bisa menggunakannya lagi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan baterai cepat rusak. Apa saja? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

6 Kebiasaan yang Membuat Baterai HP Cepat Rusak

Beberapa orang selalu merasa tenang karena kapasitas baterai yang besar dan smartphone yang katanya awet. Namun mereka tidak menyadari bahwa bagaimanapun itu adalah teknologi yang harus dirawat dengan baik juga. Lalu apa saja kira-kira kebiasaan yang membuat baterai cepat rusak?

1.     Mengisi Baterai Terlalu Sering

Pertama Anda harus menghindari mengisi baterai terlalu sering. Isilah baterai Anda saat sudah 20%. Kurang atau lebih dari itu berpotensi merusak masa baterai. Pasti Anda tidak mau kan jika smartphone kesayangan rusak?

2.     Membiarkan Baterai Diisi Terus Menerus

Nah kalau ini kebalikan dari yang pertama. Anda tidak boleh mengisi baterai terus menerus. Kebiasaan buruk jika Anda mencharger smartphone di malam hari kemudian ditinggal tidur. Tentu hal tersebut sangat tidak baik, karena bisa merusak komponen yang ada di dalam.

3.     Membeli Charger KW

Ketiga, jangan membeli charger palsu hanya karena harganya murah. Konsekuensinya bisa merusak baterai, bahkan kemungkinan terburuknya smartphone akan cepat lowbat dan ngelag.

4.     Menggunakan Charger Ultra fast

Memang benar, penggunaan charger ultra fast mempercepat waktu pengisian baterai. Namun ini juga tidak bagus karena bisa menyebabkan baterai ponsel tidak bisa bekerja maksimal sebagaimana mestinya.

5.     Menggunakan Pelindung Smartphone

Di satu sisi, memang bisa melindungi smartphone ketika jatuh atau tertindih. Namun di sisi yang lain ini tidak baik karena dapat membuat ruang sirkulasi udara menjadi tidak lancar. Apalagi ketika di charge, smartphone akan menjadi lebih panas.

6.     Memainkan Smartphone Ketika Dicharge

Nah ini adalah yang paling sering dilakukan. Anda harus menghindarinya mulai dari sekarang, karena memaksa smartphone bekerja lebih ekstra.

Hindari beberapa poin di atas, jika ingin umur smartphone Anda awet dan tidak membahayakan diri sendiri. Pasti Anda juga sudah sering mendengar smartphone meledak ketika dicharge terlalu lama atau sambil dimainkan.