HP Android Anda Sering lemot? Begini Cara Mengatasinya

0
1117

Masalah keterbatasan kapasitas memori penyimpanan internal seringkali mengakibatkan kinerja hp semakin lambat. Hal ini tentu akan mengganggu aktivitas harian Anda jika terus dibiarkan. Untuk itu ketahuilah cara terbaik agar bisa mengatasi kondisi tersebut dengan cepat.

Inilah Tips Jitu Mengatasi Hp Android Yang Lemot

Hp lemot tentu membuat kesal karena bisa saja harus membuat Anda menunda berbagai aktivitas. Untuk itu simaklah beberapa cara bagaimana menyiasati agar hp Android tak lagi mengalami lemot.

1. Hapus aplikasi yang jarang digunakan

Akan lebih baik jika Anda menghapus aplikasi yang jarang dipakai untuk mengembalikan performa hp bisa kembali prima. Cara menghapusnya sangatlah mudah, masuk ke menu pengaturan > pilih manager aplikasi > buka aplikasi yang ingin dihapus> klik hapus.

2. Pindahkan aplikasi ke MicroSD

Anda bisa memindahkan beberapa aplikasi ke MicroSD agar memperluas kapasitas memori internal. Hal ini mampu membantu Anda untuk mengatasi hp yang lemot. Caranya adalah masuk ke menu pengaturan > pilih manager aplikasi > plih aplikasi yang akan dipindahkan > klik pindah ke kartu SD.

3. Pakai Cloud

Untuk meringankan kinerja memori internal, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Cloud seperti Google Photos untuk memindahkan file. Jika data telah dicadangkan ke Google Photos, maka akan terhapus otomatis pada perangkat. Caranya mengaktifkannya, masuk ke menu pengaturan > pilih cadangkan & sinkronkan.

4. Bersihkan cache memori

Aplikasi yang sudah terhapus seringkali masih menyisakan cache memori yang bisa mengakibatkan kinerja hp menurun. Untuk itu masuklah ke menu penyimpanan > akan terlihat berapa jumlah cache memori yang sudah terpakai > klik hapus cache memori untuk membersihkannya.

5. Factory reset

Ini menjadi cara terakhir jika cara yang lain sudah tidak bisa dilakukan. Factory reset akan membuat hp kembali pada pengaturan pabrik saat awal dan seluruh data akan hilang. Untuk melakukan factory reset masuklah ke menu pengaturan > pilih backup & reset > pilih factory data reset.

Anda bisa memilih salah satu cara yang paling mudah agar bisa mengatasi hp lemot secara lebih efektif. Sekarang ucapkan selamat tinggal pada hp lemot. Hal ini akan mendukung Anda lebih leluasa beraktivitas menggunakan hp tanpa perlu khawatir.