Penyebab Jumlah Dislike Youtube Hilang dan Dampaknya

0
54
Jumlah Dislike Youtube Hilang

Secara resmi, Youtube meluncurkan kebijakan baru dengan menghilangkan tampilan jumlah dislike Youtube hilang mulai 10 November 2021. Kabar dari beberapa sumber yang diambil Zona Gadget Indonesia, keputusan ini bukan berarti menghilangkan fitur dislike, namun hanya mengatur supaya jumlah dislikenya hanya bisa dilihat oleh si pembuat konten. Tapi apa alasannya? Dan apa dampak nyata yang ditimbulkan dari keputusan ini? Simak penjelasan Zona Gadget Indonesia dibawah ini.

Baca Juga : Cara Nonton Youtube Tanpa Iklan Android Terbukti Berhasil

Alasan Tampilan Jumlah Dislike Disembunyikan

Alasan Tampilan Jumlah Dislike Disembunyikan
Sumber foto : Addiction.id

Youtube memberikan pernyataan bahwa keputusan untuk menyembunyikan atau menghilangkan tampilan dislike bagi para penonton ialah untuk melindungi para kreator sekaligus mencegah terjadinya penyalahgunaan tombol dislike.

Mulanya, pihak Youtube melakukan sebuah eksperimen terhadap tombol dislike tersebut. Dimana eksperimen ini dilakukan untuk mencari tahu apakah fitur dislike membawa pengaruh yang lebih baik kepada kreator, atau sebaliknya.

Dalam eksperimen tersebut, sobat Zona Gadget Indonesia masih bisa melihat serta menggunakan button dislike. Akan tetapi, karena jumlah dislike yang disembunyikan, pihak Youtube menemukan jika para penonton memiliki kecenderungan untuk tidak menargetkan tombol dislike pada video tersebut. Selain itu, pihaknya juga menyatakan bahwa kebijakan ini dibuat untuk melindungi kreator pemula yang berminat terjun ke platform mereka.

Lebih lanjut, penonton masih diberikan kesempatan untuk menekan tombol dislike pada suatu video guna menentukan konten yang bakal muncul di rekomendasi mereka. Juga memberikan masukan membangun secara pribadi kepada pihak yang mengunggah konten tersebut. Dengan demikian, penonton tidak menggunakan jumlah dislike sebagai acuan dalam menentukan apakah suatu video layak untuk ditonton atau tidak.

Baca Juga : Download Video Youtube Lewat Android dan iPhone

Dampak Menghilangnya Jumlah Dislike Youtube

Dampak Menghilangnya Jumlah Dislike Youtube
Sumber foto : Selular.id

Akibat kebijakannya ini, beberapa kreator merasa lega dan senang dengan hilangnya jumlah dislike. Seperti yang dikatakan Kenzo Jae, seorang rapper yang berkarir lewat Youtube, mengungkapkan bahwa kebijakan ini akan mencegah banyak trolling dan penonton-penonton ‘kejam’ di internet yang memiliki niat untuk menjatuhkan karya kreatif milik orang lain.

Dia juga menambahkan jika kebijakan ini akan membantu menjaga kesehatan mental para pembuat konten, mengingat suatu karya seringkali memiliki tanggapan yang kurang baik dari orang-orang. Alih-alih disampaikan dengan cara baik-baik dan sopan, kebanyakan tanggapan berisikan cacian dan makian yang membuat konten kreator youtuber game reviewer merasa kontennya tidak layak unggah.

Itulah beberapa alasan berikut dampak dari kebijakan jumlah dislike Youtube hilang untuk Anda ketahui.