Zona Gadget
Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan beserta kunci jawabannya yang terdapat pada Modul 3.3 tentang Pengembangan Materi Ajar Visual berdasarkan Teknologi AI.
Materi yang disampaikan adalah sebagian dari Pelatihan Mandiri Bersertifikat Kementerian Agama (Kemenag) melalui platform PINTAR Kemenag.
Satu dari berbagai topik yang dipelajari saat mengikuti kursus di PINTAR Kemenag meliputi Pelatihan AI Masterclass: Menjadi Ahli Dalam Pengadaan Materi Pembelajaran.
Nanti, para peserta akan diberikan materi dan menyelesaikan beberapa latihan di dalam Bab 3.3 tentang Membuat Materi Pengajaran Visual berdasarkan Teknologi AI.
Para peserta bisa menggunakkan contoh soal serta kunci jawabannya di bawah ini sebagai acuan.
Kode Jawaban Untuk Modul 3.3 Tentang Pengembangan Materi Ajar Visual Menggunakan Teknologi AI
1. Berikut ini merupakan aplikasi dari platform Gitmind dalam kehidupan sehari-hari, terkecuali?
A. Tutorial memasak
B. Penggunaan di Sekolah
C. Perencanaan kehidupan pribadi
D. Kolaborasi di Kantor
Kunci jawaban: A
2. Menggunakan peta pikiran yang sesuai bisa membantu untuk meningkatkan ?
A. Keiman
B. Kreatifitas
C. Kesehatan
D. Kredibilitas
Kunci jawaban: B
3. Kelebihan utama dari platform Gitmind adalah
A. Game online
B. Pemutar Video
C. Cloud Storage
D. Pemetaan Pemikiran
Kunci jawaban: D
4. Tahap awal untuk memperoleh mind map yang komprehensif dan rinci di platform Mapify ialah?
A. Podcast
B. Kuisioner
C. Video Editing
D. Pengumpulan Data
Kunci jawaban: D
5. Dalam konteks manajemen waktu, bagaimana pemetaan pikiran bisa digunakan untuk merencanakan tugas atau proyek ?
A. Memecah proyek menjadi sejumlah unit yang lebih kecil
B. Menetapkan tujuan serta sasaran pokok
C. Semua benar
D. Menyusun prioritas
Kunci jawaban: C
6. Apakah ada manfaat memakai perangkat lunak atau aplikasi dalam menyusun mind map berbanding lebih baik daripada cara manual pakai kertas dan pensil?
A. Lebih Cepat
B. Lebih Murah
C. Lebih Akurat
D. Semua Benar
Kunci jawaban: D
7. Berikut fitur utama Gitmind, kecuali  ?
A. Meningkatkan kreatifitas pengguna
B. Sarana hiburan
C. Meningkatkan efisiensi komunikasi bersama tim
D. Pemetaan pemikiran dengan cepat
Kunci jawaban: B
8. Dengan menggunakan peta pemikiran yang tepat, maka siswa akan memiliki dampak positif berupa ?
A. Hormat kepada guru
B. Memahami pelajaran dengan mudah
C. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi
D. Menunjukkan antusiasme belajar yang kuat
Kunci jawaban: B
9. Berikan contoh sebuah alat platform yang bisa dipakai untuk membuat mind map?
A. Gitmind
B. Tiktok
C. Youtube
D. Quizizz
Kunci jawaban: A
10. Gitmind bisa dipakai untuk membentuk ?
A. Semua Benar
B. Menggambar diagram alur
C. Rencana Pekerjaan
D. Menyusun organisasi
Kunci Jawaban: A
Disclaimer:
Jawaban tersebut hanyalah panduan bagi bapak/ibu guru saat menyelesaikan PINTAR Kemenag Modul 3.3 tentang Penggarapan Materi Ajar Visual Berdasarkan Teknologi AI, yakni Kelas Utama: Mengenal Cara Buat Materi Ajar PINTAR Kemenag pada Maret 2025, khususnya rangkaian program EduRamadhan.
Susunan pertanyaan serta jawabannya mungkin akan diacak.
(Tribunnews.com/M Alvian Fakka)
Artikel ini sudah dipublikasikan di Tribunnews.com denganjudul
Kode Jawaban 3.3 Untuk Membuat Materi Pengajaran Berbentuk Visual Menggunakan Teknologi AI, Kelas Utama PINTAR Kementerian Agama

