Log in Google dengan Sidik Jari? Bisa Lho Sekarang

Anda memiliki akun Google? Satu akun Google akan sangat berguna karena anda bisa log in ke semua aplikasi besutan Google seperti Google Mail, Google Maps, atau Youtube. Ribet karena harus memasukkan password setiap kali log in? Tenang saja karena hal itu tidak akan dialami lagi oleh anda karena fitur baru yang baru saja dirilis oleh Google.

Google telah merilis update terbaru dari Google Service yang memungkinkan anda log in akun Google anda menggunakan sidik jari, Fitur terbaru Google ini bisa anda cicipi bila ponsel anda menggunakan sistem operasi Android dengan spesifikasi minimal Android Nougat.

Saat anda ingin masuk ke halaman Google, pengguna biasanya diharuskan mengetikkan nama dan password untuk login. Dengan adanya fitur Fingerprint Lock, proses log ini menjadi lebih singkat karena proses masuk ke halaman akan menggunakan sidik jari.

Metode autentikasi fitur ini terbangun dari standar FIDO2, W3C WebAuth dan FIDO CTAP yang merupakan model fitur teranyar yang dihubungkan dengan sistem pembaca sidik jari yang tertanam dalam perangkat android. Sedangkan untuk keamanan data anda diklaim aman oleh Google karena biometric tidak akan mengalir ke dunia maya atau dikirim ke server.

Google hanya akan membaca data biometric yang dikirimkan dari penggunanya, bukan untuk mengirimkan ke dunia maya. Perlu diketahui, fitur fingerprint lock hanya digunakan melalui browser besutan Google, Google Chrome. Pertama-tama anda bisa mengunjungi situs Google Password Manager di Browser Chrome di ponsel anda.

Kemudian, setelah masuk situs Google Password Manager, pengguna harus memilih menu website, layanan, atau aplikasi yang akan diakses melalui sidik jari. Setelah log in pertama kali, nantinya daftar layanan atau aplikasi yang ingin diakses menggunakan sidik jari bisa ditambahkan. Pada proses log in ini, akan muncul pop up yang menyatakan kesediaan menyimpan data anda di situs Google Password Manager.

Setelah memilih layanan atau aplikasi untuk diakses, selanjutnya adalah halaman verifikasi. Tombol “Verify It’s You” akan muncul, lalu klik “Continue”. Lalu muncul jendela konfirmasi identitas sidik jari. Tempel jari anda pada pemindai di Smartphone. Selesai.