Mencoba Fitur Terbaru Whatsapp: Fingerprint Lock

Aplikasi chat online, Whatsapp bakal memiliki fitur anyar, yaitu Fingerprint Lock (kunci sidik jari). Hal ini disinyalir sebagai upaya Whatsapp untuk lebih fokus melindungi keamanan para penggunanya. Whatsapp sebelumnya telah merilis di sistem Operasi iOs pada Februari 2019 dengan fitur Screen Lock yang berkolaborasi menggunakan Touch ID untuk membukanya.

Kini beberapa bulan setelahnya, hal yang sama diterapkan pada sistem operasi Android meski baru tersedia dalam versi beta atau masih dalam versi percobaan (belum stabil). Whatsapp 2.19.221 saat ini tersedia dalam bentuk beta. Cara mengaktifkan fitur fingerprint lock Whatsapp hampir sama dengan pengaturan Finger Lock untuk smartphone pada umumnya.

Cukup dengan menuju ke pengaturan> akun> Privasi> Kunci Fingerprint. Setelah anda mengaktifkannya, anda harus menggunakan sidik ajri anda untuk masuk ke aplikasi Whatsapp di ponsel anda. Meski demikian, untuk panggilan Whatsapp, anda tak perlu menggunakan sidik jari untuk menjawabnya.

Pengguna yang masih mengaktifkan fitur quick replay juga masih bisa membelas langsung pesan Whatsapp yang masuk, tanpa masuk ke aplikasi. Anda juga dapat memilih berapa menit aplikasi akan terkunci jika sedang tidak digunakan. Pilihan yang tersedia adalah satu menit, 5 menit hingga 30 menit. Terdapat pula pilihan untuk menyembunyikan notifikasi ketika akun dalam keadaan terkunci.

Jika sudah mendownload versi beta terbaru untuk Whatsapp dan belum menemukan fitur anyar tersebut, maka pengguna bisa menempuh langkah mencadangkan obrolan (chat history) terlebih dulu kemudian menginstall kembali Whatsapp. Namun jika belum juga, berarti pengguna harus cukup bersabar menunggu update pembaruan selanjutnya.

Menurut lapiran yang dikutip dari WABetaInfo pada Kamis (15/8/2019) pengguna android dari Marshmallow hingga yang paling terbaru sudah bisa menggunakan versi Whatsapp beta yang dilengkapi Fingerprint Lock. Dan satu yang paling penting, smartphone yang anda gunakan mendukung fitur sensor sidik jari.

Belum diketahui apakah fitur ini akan menjadi fitur tetap pada Whatsapp, tetapi diharapkan akan segera ditetapkan. Pasalnya para pengguna android sudah menunggu fitur ini agar tak kalah saing dengan pengguna Whatsapp di sistem operasi iOs.