Mengandung Iklan Mengganggu, Ratusan Aplikasi Ini Dihapus Oleh Google

0
565

Saat mengakses aplikasi tentu Anda sering kali menemukan berbagai iklan yang muncul. Hal tersebut biasanya terjadi pada aplikasi gratis yang di install pada perangkat. Iklan tersebut dijadikan sebagai media pendapatan sehingga tak heran jika iklan sering muncul.

Namun jika iklan terlalu banyak muncul tentu akan mengganggu aktivitas harian pengguna. Hal inilah yang membuat Google harus menghapus beberapa aplikasi yang mengandung banyak iklan karena dianggap tidak efisien.

Berikut Alasan Google Hapus Ratusan Aplikasi Yang Mengandung Iklan Mengganggu

Google memiliki aturan yang harus dipenuhi oleh seluruh pengembang yang membuat aplikasi. Jika melanggar, maka aplikasi tersebut tidak bisa dipasarkan. Hal ini dilakukan Google karena berbagai alasan. Apa saja alasan tersebut, simak informasinya sebagai berikut.

  1. Menjaga kenyamanan pada pengguna hp

Iklan yang terlalu banyak tentu akan mengganggu pengguna ketika mengoperasikan sebuah aplikasi. Hal ini tentu akan membuat pengguna tidak nyaman dan harus menunggu lama untuk bisa mengakses aplikasi tersebut. Untuk menghindari hal tersebut, Google lebih selektif lagi dan menghapus aplikasi yang memiliki banyak iklan.

2. Mencegah penyebaran virus

Iklan bisa saja menjadi salah satu media bagi virus untuk memasuki sebuah perangkat. Hal ini tentu akan berbahaya jika dibiarkan terus menerus.

3. Mengantisipasi terjadinya pencurian data

Jika virus sudah masuk ke dalam perangkat, bisa saja pencurian data dilakukan oleh hacker. Hal inilah yang diwaspadai oleh Google. Untuk menjaga keamanan data pengguna, Google menghapus semua aplikasi yang mengandung iklan mengganggu.

4. Bisa merusak fungsi perangkat yang digunakan

Iklan dalam sebuah aplikasi bisa membuat perangkat menjadi lebih lambat ketika diakses. Hal ini tentu akan menurunkan fungsional sebenarnya dari aplikasi tersebut. Kondisi ini dianggap sangat tidak efektif sehingga Google harus menghapus aplikasi yang kurang memiliki fungsi yang jelas.

Hal tersebut tentu membuat kebanyakan pengguna ponsel menjadi tidak nyaman dan ketakutan. Alasan tersebutlah yang akhirnya membuat Google memutuskan untuk menghapus aplikasi yang memiliki banyak iklan mengganggu.

Hal ini juga sudah melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh Google sebelumnya. Jadi aplikasi yang tidak mampu mengikuti syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan Google, akan langsung dihapus.