Mengenal Fitur Unggulan iOS 13 Keluaran Apple Terbaru

0
318

Bagi penggemar ponsel tentu tidak asing dong dengan nama Apple. Sebuah brand ponssel yang sangat digandrungi oleh masyarakat di seluruh dunia. Setiap seri yang dikeluarkan selalu mendapat respon yang luar biasa bahkan rela antri sebelum seri tersebut di jual ke publik. Dari sisi kualitas memang sudah tidak diragukan lagi. Performa ponsel yang menggunakan teknologi canggih dan terbaru untuk setiap serinya.

Walaupun terkenal dengan ponsel mahal namun harga tersebut setara dengan kualitas dan performa ponsel yang memang nomor wahid. Banyak hal yang membuat anda akan merasa kagum dengan produk Apple. Dimulai dari desain yang memang cantik, elegan dan dinamis. Keunggulan Apple lainnya terletak pada warna yang menyejukkan mata, kecepatan aplikasi dan banyak hal lainnya.

iOS 13 Apple Terbaru

Berbicara tentang Apple tentu anda mengenal iOS, yaitu sistem operasi dan  platform mobile terbesar saat ini. Pada bebebrapa waktu yang lalu Apple meluncurkan versi terbaru sistem operasi bagi iPhone yaitu iOS 13. Peluncuran ini dilakukan pada acara Worldwide Developers Conference pada tanggal 3 juni 2019 silam. Apple menyatakan banyak sekali keuntungan dari penggunaan iOS 13 ini

1. Peningkatan Performa

Apple menekankan peningkatan performa pada iOS 13 dibandingkan dengan update iOS 12 yang telah dilakukan tahun lalu, terutama untuk perangkat yang lama. Dengan adanya pembaruan ini Apple menjanjikan FaceID untuk membuka kunci akan meningkat 30% lebih cepat. Selain itu dengan menggunakan iOS 13 ini aplikasi akan terbuka dua kali lebih cepat.

2. Dark Mode

Pada iOS 13 ini Apple akan menghadirkan dark mode. Hal ini akan menjadi pembaruan visual paling besar yang dicapai oleh Apple sejak iOS dikenalkan. Semua aplikasi pada Apple bisa mendukung penggunaan dark mode ini, bahkan dock notifikasi juga akan menyesuaikan menggunakan dark mode

3. Keyboard Swipe Terbaru

Walaupun Apple menawarkan dukungan untuk penggunaan keyboard milik pihak ketiga pada iOS sebelumnya selama bertahun-tahun, namun perusahaan juga memperbarui keyboard standartnya dengan fitur-fitur baru. Fitur ini antara lain swipe atau geser, seperti fitur keyboard SwiftKey, Swype yang sudah ada tahun sebelumnya. Keyboard swipe ini diberi nama “Quick Path”

4. Reminder

Setelah sempat beberapa lama tertunda, kini Apple menghadirkan Reminder untuk iOS 13 ini. Kali ini Apple menambahkan fungsi “Today”, “Scheduled”, “Flagged”, dan “All” sebagai pilihan penyaringan untuk menyortir tugas. Selain fungsi tersebut, Reminder ini juga terintegrasi Al, jadi ketika anda mengetik pengingat maka akan diberikan saran terhadap sesuatu yang anda inginkan. Anda juga dapat menandai kontak dan akan diingatkan ketika membuka “Massage”

5. Update Apple Mail, Notes dan Safari

Ada beberapa aplikasi yag dirubah oleh Apple pada iOS 13 ini. Apple Mail lebih diatur guna mendapatkan pemformatan desktop terbaru. Kemudian, Safari akan mendapatkan preferensi per situs web. Untuk Notes anda bisa melihat semua catatan yang anda buat langsung dari galeri

6. Apple Maps

Apple benar-benar membangun ulang aplikasi ini dari awal. Pada iOS 13 ini anda akan mendapatkan data peta yang lebih komprehensif dan mode baru yang tampilannya mirip dengan Google Street View. Maps seri baru ini tersedia di beberapa kota terpilih dan akan mulai diluncurkan di Amerika Serikat pada tahun 2019 dan akan diluncurkan secara global pada 2020

7. Privasi

Bagi Apple fitur privasi merupakan bagian yang penting dan besar. Anda bisa memilih untuk memberikan data lokasi ke aplikasi “sekali saja” untuk mencegahnya lakukan ping lokasi secara terus menerus ketika anda menggunakan perangkat. Apple juga akan menghadirkan fitur “Sign in with Apple”. Fitur ini disediakan bagi pengembang untuk bisa masuk ke aplikasi dan layanan.

Anda dapat masuk menggunakan FaceID dan bisa membuat akun baru untuk layanan tanpa memasukkan informasi data pribadi apapun. Selain itu Apple juga akan secara otomatis dapat membuat email baru untuk tiap aplikasi. Hal ini dilakukan untuk mencegah aplikasi mendapatkan akses menuju email pengguna dan mengirimkan spam massage

8. Profile Picture iMessage

Fitur iMessage ini hampir menyerupai tampilan gambar profil dan nama dislay seperti pada WhatsApp dan Facebook Messenger. Anda dapat berbagi nama dan foto dengan sesame pengguna iMessage lainnya. Anda juga dapat menggunakan Memoji untuk profil anda. Apple telah menambahkan opsi Memoji yang juga bisa digunakan pada aplikasi lainnya.

9. Tool Baru untuk Edit Foto dan Video

Dalam iOS 13 ini, Apple menghadirkan antarmuka terbaru untuk anda bisa mengedit foto dan video . Anda dapat melakukan editing untuk berbagai kategori antara lain highlight, shadow, contrast, saturation, sharpness, white balance, vignette, definition, dan lainnya. Anda juga dapat mengubah rotasi video langsung. Aplikasi ini memanfaatkan machine learning untuk menhapus foto ganda

10. Find My

Untuk kali ini Apple menggabungkan antara Find My Friends dan Find My iPhone menjadi satu dengan nama Find My. Dengan aplikasi ini anda dapat melacak lokasi teman , anggota keluarga dan juga perangkat anda ketika hilang dalam waktu yang bersamaan.

11. Penyimpanan Eksternal

Apple akhirnya mengeluarkan iOS yang dapat menarik file dari kartu SD dan USB flash drive untuk bisa diimpor ke aplikasi Files.

Dengan diluncurkannya iOS 13 oleh Apple ini tentu saja akan semakin meningkatkan performa dari perangkat Apple itu sendiri. Namun tidak semua perangkat iPhone bisa melakukan update ke iOS 13 ini. Hanya ada beberapa perangkat yang tersedia untuk iOS 13 ini antara mulai dari seri iPhone 6S keatas. Artinya untuk seri iPhone 5S dan iPhone 6 tida bisa mengupdate iOS 13 ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here