MOTOR Plus-online.com – Kinerja mesin standar pabrikan tidak memuaskan, dapat diubah dengan modifikasi CVT.
Perubahan tersebut populer disebut sebagai kirian, komponen apa sajakah yang diubah?
Modifikasi mesin klaimnya bisa meningkatkan kinerja motor hingga lebih cepat dan lincah.
tentu saja terdapat sejumlah bagian atau komponen pada sistem CVT skuter otomotif yang akan digantikan dengan versi untuk balap.
Harganya pun beragam, bergantung pada kemampuan pemilik sepeda motor dalam membeli suku cadang balap.
Kirian serupa dengan perubahan pada gigi dan rantai yang dilakukan untuk memodifikasi rasio sehingga dapat meningkatkan akselerasi ataupun kecepatan tertinggi.
Akan tetapi, untuk sepeda motor matic seperti Honda Vario dan Yamaha NMAX, perubahan pada sistem CVT dapat pula menekan getaran yang biasa dikenal sebagai gredek.
Terdapat 3 bagian utama yang umumnya diubah, yaitu apa sajakah itu?
1. Ganti roller
Roller merupakan elemen vital dalam sistem CVT, sehingga menjadi komponen utama yang diperbarui saat melakukan peningkatan pada kendaraan.
Sama seperti mengganti gigi pada roda belakang atau depan, Anda dapat menukar roller berdasarkan bobot dalam gram guna memodifikasi rasio sesuai keperluan.
Roller dengan bobot yang lebih ringan akan menyebabkan akselerasi menjadi lebih cepat, tetapi kecepatan maksimumnya akan menurun.
Sedangkan roller lebih berat, membuat putaran atas lebih panjang untuk top speed, namun akselerasi lebih berat.
2. Ganti per CVT
Berikutnya adalah modifikasi pada sistem CVT, yang berdampak pada respons motor terutama saat akselerasi.
Biasanya, panduannya adalah untuk menemukan satu dengan CVT yang lebih kaku atau lama, diukur dalam unit RPM seperti dari 1.000 hingga 1.500 putaran per menit.
Mengganti per CVT lebih keras, membuat akselerasi lebih instan karena pantulannya lebih cepat.
Untuk pemakaian sehari-hari, umumnya per CVT ditingkatkan ketahanannya hingga 10 sampai 20 persen lebih kuat dibanding aslinya.
3. Ganti mangkok dan kampas ganda
Part ketiga yang biasa dipilih upgrade CVT, adalah kampas ganda yang lebih besar serta materialnya berbeda dari bawaan.
Di samping itu, mangkuk tersebut diubah menjadi desain berlubang, atau bagian dalamnya dilengkapi dengan pola khusus.
Motif khusus ini dibuat pakai mesin bubut, yang biasa disebut mangkok kartel, agar kampas ganda lebih seret.
Tujuannya adalah agar selain memiliki lubang-lubang untuk menyingkirkan debu, ia juga dapat mengurangi efek berdebu.
Di samping ketiga komponen tersebut, perbaikan pada sistem kirian dapat melibatkan pergantian derajat pulley dengan sudut spesifik yang mempengaruhi tekanan terhadap V-Belt.
Selanjutnya, V-belt dapat digantikan dengan komponen aftermarkets, dan untuk pulley sentris pun ada variasi modifikasinya.
Biaya untuk meningkatkan CVT yang meliputi penggantian tiga komponen utama pada umumnya ditawarkan dengan harga antara Rp 400 sampai 500 jutaan.
Ada pula paket yang sudah termasuk hingga puli, dengan harga mencapai Rp 800 ribu hingga lebih dariRp 1 juta.

