jabar.Zona Gadget
, BANDUNG – Teknologi artificial intelligence alias AI
(Artificial Intelligence)
Bisa digunakan untuk mempermudah aktivitas sehari-hari. Tak terbatas pada ranah kreatif, AI pun diterapkan dalam alat-alat rumah tangga berteknologi atau home appliances.
Teknologi kecerdasan buatan (AI) pada mesin pencuci pakaian, pendingin ruangan, lemari es, bahkan penyaring udara dapat belajar tentang cara menggunakan peralatan rumah tangga ini secara efektif dan mengatur mereka sesuai dengan selera pemakai.
Produk-produk tersebut sudah berbasis
Internet of Things
(IoT), di mana tiap produk terhubung ke internet dan bisa dikontrol melalui aplikasi LG yang disebut ThinQ serta perangkat pusat AI bernama ThinQ ON.
Inilah pula yang dijalankan oleh merek elektronik dari Korea Selatan, LG Electronics. Menurut Kepala Administrasi cabang LG di Bandung, Dadi Darmadi, saat ini telah banyak perusahaan produksi barang-barang elektronik yang merambah pasar lokal dengan teknologi canggihnya. Tetapi, masih jarang yang menyertakan AI pada produk-produk tersebut.
“Dalam pemikiran saya, kami merupakan salah satu pendahulu utama dalam bidang teknologi AI seiring dengan persaingan kami, dan beberapa produk unggulan kami tidak dimiliki oleh para pesaing, contohnya adalah LG Stand By Me,” ungkap Dadi ketika melakukan kampanye untuk Life’s Good Truck di Kota Bandung pada hari Jumat, 9 Mei 2025.
Dadi menyatakan bahwa sekarang LG telah memiliki teknologi paling maju untuk perlengkapan dapur dan rumah. Para anggota tim dari bagian penelitian dan pengembangan secara konsisten bekerja guna menciptakan ide-ide baru sehingga dapat menjangkau permintaan publik yang menginginkan proses membersihkan rumah menjadi lebih sederhana.
Aplikasi LG ThinQ membolehkan pemakai untuk mengendalikan operasional perangkat tersebut menggunakan ponsel pintar mereka. Melalui konektivitas Wi-Fi, pemakai bisa menyesuaikan bermacam-macam fitur dari jarak jauh.
“Tentu saja kami selalu mengonfirmasi bahwa LG memiliki teknologi paling mutakhir, karena kami memiliki departemen penelitian yang senantiasa berada di garis depan,” katanya.
Saat ini, Kota Bandung masih menjadi pasar besar dalam penjualan produk elektronik di mana televisi, lemari pendingin (kulkas), hingga AC menjadi barang paling diminati.
Menggunakan beragam fitur serta kemajuan teknologi dari produknya, LG percaya bahwa penjualannya akan tetap meningkat di tahun 2025.
Saat ini LG juga menghelat kampanye Life’s Good Truck di kota Bandung yang berlangsung hingga 11 Mei 2025.
Program ini menjadi bagian upaya LG dalam memperluas pengenalan dan penggunaan berbagai koleksi produk premiumnya. Seperti namanya, Life’s Good Truck berjalan lewat kehadiran satu truk LG pada titik keramaian publik.
Truk ini didesain sedemikian rupa dengan membawa berbagai produk elektronik premium milik LG.
“Kampanye ini memberi peluang besar bagi publik Bandung untuk dapat mengenal lebih dalam berbagai produk premium LG dalam cara yang menyenangkan,” kata President of LG Electronics Indonesia Ha Sang-chul.
Didesain sebagai sebuah kampanye besar, Bandung merupakan kota kedua bagi penyelenggaraan Life’s Good Truck.
Sebelumnya, LG meluncurkannya di Jakarta dan sekaligus memulai tahap utama acara ini pada tanggal 2 Mei 2025.
(mcr27/jpnn)

