Perbedaan antara 3G, 4G, dan 5G, Sudahkah Anda Tahu?

0
417
Perbedaan antara 3G, 4G, dan 5G
Perbedaan antara 3G, 4G, dan 5G

Generasi masa kini tidak dapat dilepaskan dari jaringan internet. Mengingat internet sudah bukan barang asing, tentunya istilah 3G, 4G, dan 5G juga tidak asing lagi. Meskipun sudah akrab di telinga, tahukah Anda perbedaan antara 3G, 4G, dan 5G? Ditambah lagi dengan simbol berbeda yang muncul di layar ponsel, apakah Anda sudah memahami maknanya? Simak penjelasan berikut.

Menguak Perbedaan antara 3G, 4G, dan 5G

Pada dasarnya, yang membedakan ketika jenis jaringan tersebut adalah kecepatan internet yang ditawarkan serta kualitas jaringan. Jaringan 4G mempunyai kecepatan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan 3G. Sedangkan jaringan 5G yang tengah ramai dibicarakan akan menawarkan kecepatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan 4G.

Jaringan 3G atau biasa disebut sebagai generasi ke 3 juga dikenal sebagai WCDMA atau UMTS. Kecepatan yang dimiliki sedikit lebih tinggi daripada EDGE (2G). Jaringan 3G mempunyai kecepatan hingga 480 kbps sehingga memungkinkan Anda untuk melakukan video streaming atau video call meskipun dengan berbagai keterbatasan.

Sementara itu, jaringan 4G membawa sedikit perubahan. Generasi keempat ini diketahui sebagai pengembangan dari 3G dengan menawarkan kecepatan hingga 100 Mbps. Dengan kecepatan tersebut, Anda bisa mengakses internet dengan lebih cepat dan mudah. Kualitas premium serta keamanan yang tinggi juga disebut-sebut sebagai kelebihan yang dimiliki oleh jaringan 4G.

Jaringan Tercepat Hingga 10 Kali Lipat

Berbicara mengenai kecepatan jaringan, 5G masih menduduki peringkat teratas untuk saat ini. Jaringan generasi kelima ini memang belum banyak dimiliki oleh berbagai negara di dunia. Meskipun demikian, perusahaan smartphone sudah berlomba untuk mengeluarkan produk ponsel terbaru yang dibekali dengan chip modem 5G untuk kecepatan akses internet yang luar biasa.

Kabar menyebutkan bahwa jaringan 5G menawarkan kecepatan hingga 1Gbps, yang mana setara dengan 10 kali lipat jaringan 4G. Menakjubkan, bukan? Dengan teknologi ini, pengguna bisa mendapatkan pengalaman yang lebih baik ketika mengakses internet. Jaringan 5G tersedia di beberapa negara maju mulai tahun 2018. Untuk Indonesia, belum ada informasi lebih lanjut mengenai pembangunan jaringan 5G.