PS5 dan Spesifikasi Hardwarenya yang Perlu Anda Ketahui

0
7

Jumat lalu Sony baru saja mengumumkan produk terbaru mereka, yang sejak beberapa tahun yang lalu ditunggu banyak pecinta game. Produk itu adalah Playstation 5. Dari perilisannya, ada 2 jenis PS5 yang akan dijual nanti. Pertama adalah versi non-digital yang masih menggunakan slot cd, dan kedua PS5 digital yang tanpa slot cd.

Spesifikasi Hardware PS5

Pertanyaan Anda yang pertama pasti bagaimana hardware PS5? Apakah lebih baik dari PS4? Berikut ini hardware yang membentuk PS5;

  • GPU 10,28 Teraflops, dengan 36 CU dan 2.23 GHz.
  • CPU 8 Prosesor Zen 2, masing-masing bertenaga 3.5 GHz.
  • RAm sebesar 16 GB GDDR6.
  • Memory internal sampai 825 GB SSD.
  • Bisa memakai memory tambahan berupa NVME SSD.
  • Perangkat optik sampai 4K UHD Blu-ray.

Dari spesifikasi yang sudah dijelaskan di atas, sudah terlihat bahwa PS5 ini pasti jauh lebih unggul dari pada PS4. Tapi apa saja yang membuat kedua produk ini berbeda?

Perbedaan dengan PS4

  • Memakai SSD dan Bukan HDD

Pertama adalah menggunakan SSD. Sekedar informasi, PS4 masih memakai HDD. Sehingga proses menjalankan gamenya tidak sangat cepat. Dengan menggunakan SSD, proses menjalankan game akan jadi lebih cepat. Bahkan Lead System dari PS5, Mark Cerny mengatakan PS5 ini cuma butuh waktu 2.7 detik untuk memuat satu game.

  • Resolusi Sampai 8K

Resolusi gambar yang dimiliki PS4 hanya sampai 4K saja. Itu pun sudah beart. Dengan menggunakan PS5, Anda bisa memakai resolusi sampai 8K.

Kapan Rilis dan Berapa Harganya?

Kabarnya PS5 ini akan dirilis akhir tahun 2020 ketika momen liburan. Jadi sekitar bulan November sampai Desember. Itu untuk international. Kalau di Indonesia sendiri, belum ada kabar pasti kapan konsol ini rilis.

Kalau untuk harganya sendiri, sampai saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak Sony mengenai harga PS5. Kita tunggu saja.

Ada banyak game yang kabarnya bisa dimainkan di perangkat ini. Beberapa nama game yang sudah mencuat antara lain The Last of Us Part II,  Marvel’s Spider-Man: Miles Morales, In Sound Mind, dan beberapa game lainnya. Sudah tidak sabar ya?