Realme X, Handphone Kekinian dengan Spec Gahar Siap Masuk Indonesia

0
176

Realme berhasil meluncurkan Realme X, smartphone spesifikasi menengah ke atas dengan harga yang relatif murah. Mengutip Kompas Tekno (tekno.kompas.com), ponsel pintar tersebut dirilis di Dreamland Art Center, Beijing, China pada Rabu, 15 Mei 2019. Smartphone Realme terbaru tersebut dilengkapi dengan fitur-fitur yang diperuntukkan untuk kalangan muda. Salah satu fitur yang mengundang atensi adalah fitur pop-up kamera.

Selain fitur tersebut, ada juga bagian notch yang dieleminasi. Hal tersebut membuat pandangan pengguna pada layar menjadi lebih luas dan jelas. Ponsel pintar terbaru dari Realme tersebut dibanderol dengan harga 1.199 Yuan atau setara 3,1 juta rupiah. Hadirnya smartphone dengan spesifikasi mid-high dari Realme tersebut banyak membuat orang tidak percaya, skeptis, bahkan kagum karena harganya yang murah untuk spek yang relatif tinggi.

Spek yang Mengesankan

Apa yang membuat Realme X ini banyak mengundang perhatian? Jawabannya adalah harga murah dengan spek yang mengesankan. Beberapa orang mungkin masih berdebat apakah spek smartphone dari Realme tersebut dapat dikatakan spek gahar atau monster. Yang pasti speknya sudah cukup tinggi untuk ponsel pintar dengan harga setara 3 jutaan. Layar yang digunakan adalah AMOLED 6,5 inci, 1080 x 2340 p, rasio 19,5:9.

Resolusi layarnya tentu sudah Full HD+. Chip yang digunakan adalah Snapdragon 710 Octa-core (2×2,2 GHz dan 6×1,7 GHz) dengan GPU Adreno 616. Realme menyediakan 2 pilihan RAM, yaitu 4 GB dan 6 GB. Selain pilihan RAM, Realme juga menyediakan pilihan kapasitas ruang penyimpanan, yaitu 64 GB dan 128 GB. Terdapat 2 fitur terkini yang patut dibahas dari ponsel pintar tersebut. Keduanya adalah kamera pop-up dan sensor fingerprint.

Teknologi kamera pop-up diaplikasikan pada Realme X. Kamera selfie yang digunakan memiliki resolusi 16 mp bukaan f/2.0. Sensor A.I digunakan pada kamera selfie. Sensor tersebut digunakan sebagai mekanisme naik turun sampai hasil capture kamera. Respons kamera dari keadaan tertutup pun cukup cepat. Ponsel pintar tersebut dilengkapi dengan 2 kamera belakang, yaitu 48 mp (f/1.7, PDAF dan 5 mp (f/2.4) depth sensor.

Fitur canggih lain yang terdapat pada smartphone tersebut adalah sensor pemindai sidik jari. Fitur keamanan ini memiliki dynamic range yang lebih baik dari ponsel pintar lainnya. Sensor fingerprint tersebut diperkuat dan dibekali dengan DSP Acceleration dan Compensated Projection. Realme mengklaim bahwa teknologi fingerprint tersebut lebih cepat dari teknologi fingerprint generasi sebelumnya.

Realme X memiliki kapasitas baterai 3.765 mAh dengan konektor USB Type-C dan 3,5 mm audio jack. Konektivitas nirkabel mendukung 4G, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 5.0, Hotspot, WiFi Direct. Sistem operasi yang digunakan adalah Android Pie 9.0, ColorOS 6.0. Pilihan warna yang tersedia adalah Space Blue dan Polar White. Selain edisi X, Realme juga merilis edisi X Lite di waktu dan tempat yang sama.

Impresif dan Direspons Positif

Bagaimana dengan respons publik mengenai dirilisnya smartphone murah nan canggih ini? Publik pada umumnya menyambut baik ponsel pintar terbaru dari Realme tersebut. Ya, mungkin terlalu dini untuk melakukan penilaian secara menyeluruh dari ponsel pintar ini. Namun, tidak butuh waktu lama bagi orang untuk penasaran dan membuktikan bahwa ponsel murah dengan spek tinggi dari Realme ini bukan omong kosong apalagi tipu-tipu.

Mengutip Andy Boxall dari Digital Trends (digitaltrends.com), Realme X berhasil memberikan kesan pertama yang begitu kuat. Dengan harganya yang murah, ponsel pintar tersebut hadir dengan spesifikasi yang biasanya muncul pada smartphone high-end. Kendati demikian, ponsel tersebut bukan tanpa kekurangan. Untungnya kekurangan tersebut tidaklah fatal. Kekurangan terbesar terletak pada software Androidnya yang terlalu banyak dimodifikasi.

Situs web berita dan ulasan smartphone terkemuka, GSM Arena (gsmarena.com) juga memberikan ulasan yang positif untuk ponsel pintar terbaru Realme. Menurutnya, Realme X mampu menampilkan kualitas dan performa yang baik, diantaranya desain tanpa notch dan kamera pop-up-nya yang berbeda dari yang lain, performa chip Snapdrahon 701 yang mengesankan, dan kualitas potret dan selfie yang mengagumkan dan sangat bagus.

Tanggal Rilis di Indonesia

Setelah dirilis di negara asalnya, China, Realme X akan segera dirilis di India. Mengutip India Today (indiatoday.in), CEO Realme India, Madhav Sheth menyatakan smartphone tersebut mungkin akan dirilis di India dengan spek yang berbeda. Terdapat 2 kemungkinan mengenai spek yang mungkin muncul nantinya. Kemungkinan pertama, X akan dirilis dengan spek yang lebih rendah dengan harga yang lebih mahal.

Kemungkinan kedua, X akan dirilis dengan desain dan kamera yang sama dengan chipset yang lebih powerful (Snapdragon 730). Bagaimana dengan kehadiran dan tanggal rilisnya di Indonesia? Mengutip Tribun Tekno (tribunnews.com), Realme X dipastikan akan dirilis di Indonesia. Namun, hingga saat tidak terdapat penjelasan yang jelas mengenai tanggal, spesifikasi, dan perkiraan harganya di tanah air.