Jumat, Desember 5, 2025
BerandaUncategorizedRoblox Bukan Hanya Game, Kami Tawarkan 100 Fitur Keamanan

Roblox Bukan Hanya Game, Kami Tawarkan 100 Fitur Keamanan

Roblox: Platform yang Mengubah Dunia Pendidikan dan Kreativitas

Roblox telah berkembang jauh melampaui permainan daring. Platform ini menjadi ruang bagi para kreator muda untuk belajar, berinovasi, dan membangun karier di ranah digital. President University di Cikarang bahkan mengambil inisiatif maju untuk menjadikan Roblox sebagai medium belajar. Para mahasiswa masuk ke Roblox, dengan masing-masing avatarnya yang unik, untuk menghadiri perkuliahan serta belajar bagaimana mengembangkan kreativitas di platform ini.

Inisiatif ini menarik perhatian para petinggi Roblox, membuat Senior Director of Education Partnerships and Policy di Roblox Adam Seldow dan VP of Civility and Partnerships Tami Bhaumik terbang ke Indonesia dan berkunjung langsung ke Cikarang. ZONA GADGET berkesempatan mewawancarai keduanya, dalam suasana akademik yang hangat tetapi terasa santai. “Roblox bukan sekadar gim. Kami menyebutnya experiences,” kata Seldow.

Selama hampir dua jam, kami berbincang soal perkembangan Roblox. Tentang bagaimana platform ini membangun sistem keamanan, demokratisasi pembuatan gim, dan tentu soal pasar Indonesia yang terus berkembang.

“Ada festival Sound Horeg di Roblox,” Adam bercerita. Berikut petikan wawancaranya:

Roblox: Bukan Sekadar Gim

Tami Bhaumik:

Roblox bukanlah gim melainkan sebuah platform teknologi. Jadi kami memberikan kesempatan bagi siapapun untuk membuat gim dan item digital. Saat ini, AI telah mendemokratisasi proses kreatifnya. Anak-anak yang sebelumnya tidak tertarik belajar coding, jadi sangat terbantu. Saya misalnya, memiliki begitu banyak ide kreatif tetapi saya tidak tahu coding. Tapi sekarang dengan AI saya bisa melakukannya dengan mudah. Anda bisa mengubah bagian tertentu dari kodenya jika diperlukan. Begitulah cara banyak orang belajar.

Menariknya, teknologi ini akan mendemokratisasi proses kreasi. Saat ini pengembang gim masih didominasi oleh laki-laki. Ini memberikan kesempatan bagi perempuan untuk masuk ke dalam ekosistem dan menciptakan keberagaman. Kami menginginkan lebih banyak kreativitas dan sudut pandang.

Artinya ada banyak hal yang bisa dilakukan di Roblox selain bermain gim?

Adam Seldow:

Roblox itu lebih dari sekadar gim. Kami menyebutnya experiences, karena di dalamnya kamu bisa melakukan lebih dari sekadar bermain gim. Ini misalnya konser atau festival budaya. Jadi, pernah ada sebuah acara budaya besar di Roblox, dan ini mungkin yang Tami dan saya tidak bisa ucapkan dengan benar — Sound Horeg. Ada juga Carnival Kirab Budaya di mana mereka menampilkan parade budaya virtual dari busana tradisional dan urban Indonesia di platform Roblox.

Tami Bhaumik:

Ada digital items yang dibuat. Jadi tidak hanya para kreator menciptakan experiences, tapi mereka juga bisa membuat dan memonetisasi digital items. Salah satu hal besar tentang Roblox — dan salah satu hal paling menyenangkan — adalah kamu bisa mengubah avatar kamu. Jadi ini seperti pernyataan mode, fashion statement. Dari riset yang kami lakukan, anak-anak sangat suka mengubah gaya mereka, gaya berpakaian mereka. Dan hal itu mulai menjadi bagian dari identitas mereka di dunia nyata juga.

Jadi mereka mungkin mengganti pakaian avatar-nya. Mungkin mereka berpikir untuk mewarnai rambutnya jadi ungu, tapi takut melakukannya di dunia nyata. Jadi mereka akan mencobanya secara digital dulu, untuk melihat seperti apa respons orang lain. Dan jika tanggapannya positif, mungkin mereka akan mencobanya di dunia nyata — misalnya benar-benar mewarnai rambutnya ungu.

Jadi, lagi-lagi, ini adalah kesempatan untuk mengekspresikan diri. Dan bagi para kreator yang mungkin tidak tertarik untuk membuat experience, tapi tertarik untuk mendesain lini tas tangan, sepatu, gaun, atau pola batik baru — mereka bisa melakukannya di Roblox.

Jadi tidak ada batas untuk apa yang bisa diciptakan. Tidak harus gim atau experience; bisa juga digital item.

Masa Depan Roblox: Inovasi dan Demokratisasi

Adam Seldow:

Ketika saya memikirkan masa depan Roblox, saya membayangkan jalur yang inovatif. Tempat di mana kreativitas benar-benar demokratis. Kami menyediakan Roblox Studio yang bisa membantu para pengembang gim amatir untuk berkreasi. Saya misalnya, pernah belajar coding tapi itu sudah lama sekali yang membuat kemampuan saya menurun. Tapi di Roblox Studio, saya bisa belajar kembali. Awalnya agak membingungkan, tetapi Roblox merilis Assistant yang merupakan teknologi AI untuk membantu pengguna.

Tami Bhaumik:

Saya pikir alasan mengapa Roblox menjadi begitu populer adalah karena kami berusaha mengurangi jarak antara pengembang dan penggunanya. Kami menyediakan alat gratis yang bisa Anda gunakan untuk membuat gim. Banyak pengembang akan mengalami kesulitan jika mereka melakukannya sendiri. Membuat gim dan meluncurkannya di app store akan sangat mahal karena ada soal pemasaran, keuangan, hukum, dan lain sebagainya. Tapi ketika Anda membuatnya di Roblox, Anda tidak perlu khawatir tentang itu karena Roblox yang mengurusnya. Jadi, mereka bisa berkonsentrasi untuk mengembangkan kreativitas mereka.

Para pengembang ini kemudian mulai saling berkenalan dan mengembangkan studio-studio mini yang tumbuh menjadi besar. Pada akhirnya mereka tidak hanya membuat gim, tapi juga punya kesempatan menjual jasa mereka kepada brand-brand yang tertarik melakukan promosi di Roblox. Jadi, kami telah menciptakan ekosistem yang menakjubkan ini.

Roblox dalam Pendidikan: Transformasi Metode Pembelajaran

President University menggunakan Roblox sebagai platform edukasi, apakah platform ini akan masuk ke segmen edutech?

Adam Seldow:

President University menggunakan Roblox dengan cara yang sangat inovatif dan praktis. Jadi tidak hanya mereka memiliki mata kuliah tentang Roblox, tetapi mereka juga mengintegrasikannya ke dalam mata kuliah lain. Jarang sekali melihat universitas yang menggunakan Roblox secara begitu komprehensif dan efektif dalam kegiatan pengajaran.

Memang sudah ada universitas yang pernah mengadakan kuliah di Roblox, tapi tidak sampai pada tingkat seperti ini. Menurut saya, Anda bisa melakukan banyak hal di Roblox, termasuk untuk metode pembelajaran. Kami juga menyediakan kategori itu. Ada satu section khusus yang kami dedikasikan untuk medium pendidikan untuk tema-tema seperti STEM, keamanan digital, sejarah, kimia, dan lain sebagainya. Kami juga melihat minat para kreator untuk membangun gim edukasi. Proses pembuatan gim di Roblox Studio juga merupakan proses pembelajaran. Jadi saya bisa membayangkan keterampilan coding bisa dilakukan lewat Roblox. Ini salah satu pemanfaatan yang paling terlihat di Roblox.

Keamanan dan Keselamatan Pengguna

Bagaimana Anda memastikan keamanan dan keselamatan pengguna Roblox?

Tami Bhaumik:

Keamanan adalah prioritas nomor satu di Roblox sejak kami berdiri. Pendiri kami, David Baszucki awalnya adalah seorang guru yang menciptakan sebuah gim bernama Knowledge Revolution. Ia melihat murid-murid bosan saat belajar fisika di kelas. Tapi di platform yang ia ciptakan, anak-anak terlihat antusias. Kemudian ia menjual Knowledge Revolution dan memulai Roblox. Idenya adalah mengembangkan platform dan teknologi yang memungkinkan anak-anak ini mengekspresikan imajinasi mereka. Kami selalu memiliki anak-anak di platform. Jadi kami selalu harus fokus pada keselamatan.

Selama setahun terakhir, kami telah meluncurkan lebih dari 100 fitur produk keamanan. Salah satunya adalah fitur parental control yang memungkinkan orang tua terhubung dengan akun anak mereka. Orang tua bisa melihat siapa teman anaknya, memblokir, mengatur batas waktu, batas pengeluaran, tingkat kesesuaian konten, dan lain sebagainya.

Roblox di Pasar Indonesia: Peluang dan Pertumbuhan

Roblox sangat populer di Indonesia dengan 7 juta pengguna setiap hari, bagaimana Anda melihat pasar Indonesia?

Adam Seldow:

Indonesia adalah pasar yang besar dan peluang besar untuk Roblox dan kami ingin berkontribusi dengan mendukung komunitas kreator di sini. Tidak hanya bagi mereka yang baru mulai, tetapi juga kepada pengembang yang sudah ada di Roblox dan berusaha mendalaminya. Banyak kreator yang motivasi awalnya untuk bersenang-senang, tetapi kemudian mulai penasaran untuk monetisasi. Ini membuat para kreator ini saling membantu sama lain. Koneksi komunitas seperti inilah yang kami kembangkan melalui komunitas pengembang.

Media dan Roblox: Masa Depan Kolaborasi

Bagaimana media bisa memanfaatkan Roblox untuk menjangkau pembaca?

Adam Seldow:

Saya pikir salah satu hal yang menarik adalah kami di Roblox tidak harus memiliki jawaban untuk itu. Kami membangun alat-alatnya dan terus meningkatkan alat-alat tersebut, dan saya tidak akan terkejut jika seseorang seperti Anda dan perusahaan Anda menemukan cara yang menarik untuk melakukannya. Apa yang kami harapkan adalah bahwa itu bukanlah sesuatu yang kami bicarakan, tetapi justru diciptakan oleh para kreator dan kemudian mereka memberi tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan platform untuk membuatnya lebih baik. Dan saya pikir sudah banyak contoh seperti itu di sekitar konser dan hal-hal lainnya, di mana para kreator kami benar-benar mendorong batas platform dan menunjukkan kepada kami apa yang mungkin dilakukan.

zonagadget
zonagadgethttps://www.zonagadget.co.id/
Berikan ilmu yang kamu punya, niscaya kamu akan mendapatkan yang lebih
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

New Post

Most Popular