Samsung A30 VS Samsung M30, Apa Saja Perbedannya?

Pengguna ponsel smartphone semakin hari memang semakin bertambah, dimana hal ini pun membuat beberapa pendiri smartphone berusaha untuk menciptakan produk terbaiknya agar dapat menguasai pasar. Dimana saat ini banyak sekali perusahaan besar seperti Samsung ini, yang telah berusaha sedemikian rupa untuk menciptakan produk terbaiknya sehingga dapat menjadi raksasa smartphone.

Dapat dikatakan jika kebanyakan produk dari Samsung ini telah mampu untuk memberikan kepuasan kepada pelanggannya dengan berbagai produk canggihnya. Mungkin anda saat ini menjadi salah satu konsumen yang merasakan keuntungan tersebut, kali ini akan membahas tentang produk smartphone Samsung yang menuai kontroversi karena perbedaannya yakni Samsung A30 dan Samsung M30 ini.

Perbandingan Dilihat Dari Desain

Pada hampir semua jenis ponsel saat ini akan melakukan apapun agar dapat memikat hati pelanggannya, misalnya dengan memberikan pembaharuan pada produknya yang sebenarnya perbedaan tersebut tidaklah signifikan. Termasuk untuk ponsel yang satu ini, yang telah menjadi perbincangan bagi banyak publik yang ingin mengetahui perbedaan apa saja yang terdapat pada desain ponsel Samsung satu ini.

Bagi sebagian orang termasuk anda, mungkin ketika melihat kedua jenis ponsel ini disandingkan anda tidak akan merasa adanya perbedaan pada desain. Karena sebenarnya handphone milik Samsung ini tidak memiliki perbedaan yang jelas pada desainnya, hanya saja perbedaan memang terdapat pada Samsung Galaxy A30, dengan dimensi yang lebih kecil juga beratnya yang lebih ringan dibandingkan yang satunya.

Dengan perbedaan ini tentunya Samsung haruslah berhati-hati untuk menerjang market, karena memang dari segi desain tidak ada perbedaan yang signifikan sehingga dapat memikat hati masyarakat. Yang sebenarnya kedua handphone ini memang hadir di tengah masyarakat dengan sepsifikasi desain yang terbilang sama, dimana keduanya menjadi salah satu handphone Samsung dengan ukuran layar 6,4 inci.

Untuk rasio dari layar kepada bodynya pun dapat dibilang sama yakni 88,1 persen sja, dengan kesamaan ini tentunya membuat beberapa penggemar ponsel samsung merasa sedikit bingung, bahkan untuk resolusi keduanya memiliki kapasitas yang sama yakni 1080 X 2340. Keduanya sama-sama menggunakan super Amoled, hanya saja untuk layar A30 ini memiliki kerapatan layar yang lebih besar pada 403 ppi.

Jika dilihat dari bagian desainnya untuk Samsung Galaxy M30 dan A30 tentunya tidak mengalami perbedaan yang siginifikan, akan tetapi perlu untuk anda ketahui jika keduanya memang memiliki desain yang trendy dan kekinian. Kedua ponsel ini menggunakan tampilan Infinity Notch, sebagai salah satu tampilan yang sedang trendy untuk sebagian smartphone saat ini, yang telah dimiliki oleh Samsung ini.

Ketika anda menginginkan sebuah ponsel baru yang mementingkan desain terbaik, maka untuk kali ini memang tidak ada banyak sekali perbedaan yang terdapat pada ponsel Samsung A30 dan M30. Maka dari itu anda memang tidak akan mendapatkan perbedaan yang signifikan, akan tetapi mungkin untuk segi isian dari ponsel ini mungkin anda akan merasa sedikit bingung karena memang ada beberapa perbedaan.

Perbandingan Fitur dan Performa

Perbandingan pada desain mungkin sudah cukup untuk dijelaskan, dimana hasil akhirnya menjelaskan bahwa tidak ada perbedaan yang memang signifikan pada desain kedua ponsel ini. Akan tetapi mungkin anda akan sedikit bimbang untuk menentukan pilihan diantara keduanya, dimana perbedaan memang terdapat pada spesifikasi di dalam ponsel sehingga membuat harga dari ponsel ini pun berbeda.

Yang pertama adalah mengenai power yang digunakan oleh keduanya, memang untuk hal ini masih sama seperti pada bagian desain yang tidak ada perbedaan mencolok sama sekali. Keduanya memang sama-sama menggunakan chipset Exynos 7904 tentunya dengan fabrikasi yang sama juga yakni 14nm, sehingga pada hal ini memang tidak ada perbedaan yang mencolok diantara keduanya yang berubah drastis.

Perbandingan GPU keduanya juga memang sama juga untuk slot microSD nya, perbedaan terletak pada RAM, kamera, juga untuk kapasitas baterainya. Yang pertama adalah perbedaan pada RAM penyimpanan internalnya, dimana untuk Galaxy M30 memang hadir dengan 2 pilihan RAM yang berbeda RAM 6GB dan RAM 4GB, dan 64GB dengan kisaran harga 3. 999.000 untuk ukuran RAM 4GB nya.

Pada A30 ukuran variasi RAM yang diberikan adalah RAM 4GB, RAM 3B, dan RAM 64GB, tentunya perbedaan ini memang merupakan perbedaan yang terlihat jelas untuk kapasitas penyimpanan. Sehingga pada penjelasan ini anda sudah dapat menarik kesimpulan, bahwa untuk kisaran harga pada A30 memang akan terkesan lebih rendah, dengan kisaran harga sebesar 3.050.000 untuk ukuran 4GB nya.

Untuk pembahasan yang selanjutnya yakni mengenai kamera, dimana kedua ponsel ini memang memiliki sedikit perbedaan pada bagian kameranya sehingga harganya pun akan terpengaruh. Pada kamera yang terdapat di M30 menghadirkan 3 kamera, dimana susunannya adalah MP, PDAF +5MP ultra wide dan 5MP sensor kedalaman tentunya dengan kapasitas kamera ini bisa dikatakan sudah sangat mencukupi.

Sedangkan pada kamera yang dimiliki oleh A3O memang sedikit berbeda, yakni dibekali oleh dua kamera dengan susunan 16 MP, PDAF +5MP Ultrawide. Kapasitas untuk segi kamera memang dapat dikatakan lebih besar, , dari segi kamera keduanya memang sudah fast charging, pada M30 berkapasitas 5000Mah sedangkan pada A30 4000 Mah memang jelas sedikit berbeda pada segi baterai ini.

Jika anda memang berminat untuk membeli handphone ini, mungkin anda dapat melihat sedikit perbandingan pada informasi diatas sehingga dapat melakukan perbandingan dengan baik sebelum memutuskan untuk mebelinya. Dimana keduanya memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing, dengan kapasitas yang berbeda juga harga yang sedikit berbeda.