Zona Gadget
– Di Indonesia, motor bebek entry level Suzuki Smash Titan sudah berhenti dijual sejak satu dekade silam. Namun nasib berbeda dialami kembarannya di Filipina yang masih dijual hingga kini.
Yang menarik pula, desain Suzuki Smash Titan dengan julukan Smash Carb, singkatan dari carburetor atau karbu dalam bahasa Inggris.
Nama itu disebut karena menggunakan sistem pembakaran yang masih memakai karburator buatan Mikuni.
Kembali ke Filipina, Suzuki Smash Carb bertahan karena masih diterima baik berkat keunggulan mesin 115 cc yang kuat dan irit. Saking suksesnya moto rini bahkan dijuluki sebagai ‘Motor Bebek No.1 di Filipina’.
Ada dua opsi untuk Smash Carb yang tersedia di pasaran. Salah satunya adalah model velg palang dengan rem cakram pada bagian depan, harganya ditandai sebesar 63.400 Peso atau kira-kira setara dengan Rp 18,6 juta.
Bagi pilihan velg berbahan logam, Suzuki Filipina menawarkan lima gradasi warna yaitu Pear Terang Ivorinya, Hijau Jackal Manis, Abu-abu Fibroun Metalik Mattnya, Merah Musim Panas Manis, serta Hitam Titan.
Terdapat juga opsi velg bergaya palang dengan rem cakram yang dibanderol seharga 68.400 Peso atau setara dengan Rp 20,1 juta. Varian ini hanya menawarkan dua pilihan warna yaitu Titan Black dan Metallic Triton Blue, yang malah membuat kita teringat pada desain grafis dari Suzuki Shogun 125 SP versi ‘Robot’.
Sekilas Suzuki Smash Titan
Di tahun 2010, PT Suzuki Indomobil Sales meluncurkan Smash Titan 115, yang mengambil alih posisi dari versi lama Smash. Motor ini hadir dengan penampilan yang lebih kontemporer berkat gaya desain yang tegas, velg balap, serta lampu sein yang dipisahkan.
Paling menonjol adalah peningkatan di sektor dapur pacu. Smash Titan dibekali mesin 4-tak berkapasitas 113 cc, SOHC, berpendingin udara, dengan sistem karburator.
Mesin itu berdaya maksimal 8,5 PS di putaran 8.000 rpm dengan torsinya mencapai puncak sebesar 8,6 Nm di putaran 6.000 rpm. Daya ini dialirkan menggunakan transmisi semi otomatis yang memiliki empat percepatan.
Dalam hal ketahanan, Suzuki menunjukkan keandalan mesin Smash Titan melalui uji coba 5.000 kilometer tanpa henti yang dilakukan di sirkuit Sentul. Tes ini berhasil memecahkan rekor MURI dan ditempuh dalam waktu 60 jam berturut-turut tanpa berhenti.
18 pembalap asli Indonesia yang mewakili berbagai wilayah negara, diberi kepercayaan untuk mengendarai ketiganya sepeda motor Titan yang dicoba dalam upaya memecahkan rekor itu.
Dalam segmen-nya, Smash Titan menjadi versi terbaru dari Suzuki Smash yang dilengkapi dengan karbu. Kemudian untuk motor bebek kelas bawah merek Suzuki dipasok oleh model Smash FI ataupun Shooter 115.
(*)

