Tips Hemat internetan ketika Work From Home!

0
247

Sekarang ini Work From Home atau kerja di rumah adalah sebuah kewajiban. Untuk mencegah penyebaran Covid-19 banyak perusahaan yang meminta karyawannya untuk bekerja dari rumah. Bekerja dari rumah memang enak tak enak. Kenapa?

Enaknya tentu kita bisa selalu ada di rumah. Tapi tidak enaknya adalah kita harus selalu memakai koneksi internet kita sendiri. Agar tetap bisa bekerja kita harus selalu terhubung secara online dengan orang-orang kantor. Tapi tenang, ada tips untuk hemat internetan di tengah kewajiban Work From Home ini.

Tips Hemat Internetan Saat WFH

1.    Buat Prioritas

Tips pertama agar anda hemat kuota internet adalah dengan membuat prioritas. Maksudnya, anda pilih apa yang paling membutuhkan koneksi internet. Jika itu hanya pekerjaan, jadikan pekerjaan itu prioritas. Selain pekerjaan, usahakan anda jangan menggunakan koneksi internet.

Misalnya untuk bermain game, atau untuk nonton drakor, jangan gunakan koneksi internet. Kalau anda lebih sering menggunakan koneksi internet, jelas internet anda akan boros. Kalau ingin bekerja sambil mendengarkan musik, lebih baik gunakan cara jadul.

Dengarkan musik secara offline. Misalnya dengan memainkan CD Player atau memainkan musik simpanan anda.

2.    Batasi Pemakaian

Batasi pemakaian internet anda. Caranya mudah, di aplikasi smartphone anda hampir selalu ada pengingat sudah berapa giga anda menghabiskan data atau berapa lama anda browsing. Pasang pengingat di jumlah tertentu. Jangan sampai melebihi kuota itu.

Pengingat akan menyala ketika penggunaan internet anda mendekati kuota tersebut. Anda secara tak disadari akan mulai membatasi penggunaan internet. Anda akan jadi jauh lebih irit.

3.    Pilih Provider yang Murah

Sekarang ada banyak sekali provider yang memberikan harga murah. Pilihlah yang paling pas untuk anda. Tentunya tanpa mengorbankan kecepatan internet ya. Atau anda bisa memilih, lebih lambat tapi hemat, atau cepat tapi boros. Lebih baik lambat, pasti, tapi hemat. Iya kan?

Berbeda tempat biasanya berbeda provider. Ada beberapa provider yang kencang di tempat anda tapi lambat di tempat lain. Pilih yang paling sesuai. Pilih juga yang paling murah dan banyak bonusnya. Sekarang banyak provider yang menawarkan hal tersebut.

4.    Jangan Streaming

Tips keempat adalah jangan streaming. Kalau anda tidak bisa membatasi pemakaian dengan aplikasi, tidak bisa membuat prioritas, maka kunci terakhir biar hemat adalah jangan streaming. Entah itu streaming video atau musik. Jangan lakukan itu. Karena streaming membuat kuota internet anda jebol.

Hemat internet saat Work From Home itu sangat mungkin dilakukan. Bahkan ketika pekerjaan anda menuntut untuk selalu menggunakan internet. Dengan melakukan tips yang disebutkan di atas, anda jadi lebih hemat. Ingat, kalau di kantor kan anda memakai koneksi kantor. Jadi agak bisa seenaknya. Tapi kalau di rumah kan koneksi sendiri. Kalau tagihan internet terlalu besar, kantong anda sendiri kan yang jebol? Mau?