Tips Membeli Power Bank Asli dan Original di Marketplace, Awas Palsu!

0
760

Dengan semakin berkembangnya jual beli online, marketplace juga turut mengalami perkembangan yang signifikan. Hal ini membuat banyak orang yang jauh lebih suka untuk membeli barang elektronik melalui marketplace. Salah satunya adalah untuk membeli power bank. Berikut ini merupakan tips membeli power bank asli di marketplace agar terhindar dari penipuan.

5 Tips Membeli Power Bank Asli dan Original di Marketplace

Membeli barang yang berkaitan dengan gadget memang cenderung lebih murah jika melalui marketplace. Namun, harus hati-hati, karena ada resiko penipuan yang bisa saja menimpa pembeli. Gunakan 5 tips membeli power bank asli dan original di marketplace berikut ini.

  1. Bandingkan Harga di Marketplace dengan Harga Pasarnya

Memang harga di marketplace seringkali jauh lebih murah. Namun, harus tetap berhati-hati karena harga murah bukan menjadi jaminan keaslian barang. Jika harga yang dijual di marketplace tidak masuk akal karena terlalu jauh berbeda dengan harga asli, maka patut diwaspadai bahwa itu merupakan penipuan.

  1. Ketahui Reputasi Penjual

Biasanya di marketplace menyediakan penilaian pada penjualnya. Dari situ dapat diketahui reputasi penjual itu, apakah penjual abal-abal yang menjual barang asli atau palsu. Lihat juga komentar dan review pembeli sebelumnya.

  1. Teliti dengan Deskripsi Produk

Baca dan teliti deskripsi produk sebelum membeli power bank. Hal ini penting untuk menghindari adanya cacat barang di kemudian hari. Kalau perlu, tanyakan langsung kepada penjual mengenai produk yang dijual.

  1. Perhatikan Jenis Baterai

Pilihlah jenis baterai Li-Po daripada jenis Li-Ion sebab lebih bagus untuk smartphone. Selain itu juga perhatikan keamanan power bank agar terhindar dari korsleting dan kerusakan.

  1. Garansi

Jika ingin membeli melalui marketplace, pastikan terlebih dahulu bahwa produk yang dijual memiliki garansi. Hal ini sangat penting untuk menjamin keaslian barang dan apabila ada kerusakan terkait pengiriman, bisa mengklaim garansi tersebut.

Kesimpulan

Dengan menerapkan tips membeli power bank asli dan original tersebut, maka membeli power bank di marketplace bukan lagi menjadi hal yang menakutkan untuk dilakukan. Intinya, selalu pastikan keamanan dan reputasi penjual sebelum membeli satu barang melalui marketplace, sehingga kerugian akibat cacat barang atau penipuan bisa dihindari.