Waspada! Inilah Cara Menyadap Instagram yang Dilakukan Para Hacker

0
120

Terdapat beragam cara yang digunakan para hacker untuk masuk dan menyadap Instagram Anda. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda perlu mengetahui beragam cara menyadap Instagram yang dilakukan oleh para hacker. Dengan mengetahui cara-cara tersebut, Anda akan menjadi lebih waspada dan menerapkan sistem keamanan yang jauh lebih ketat. Cara menyadap ini bukan untuk diikuti tetapi untuk diantisipasi.

Dari Cara Paksa Hingga Phising

Apapun tujuannya, para hacker senantiasa melakukan beragam cara untuk masuk secara tidak terdeteksi ke Instagram Anda. Cara-cara yang dilakukan cukup bervariasi, dari cara maksa (brute force) hingga menggunakan cara khas para hacker, yaitu phising. Terdapat setidaknya 6 cara yang dilakukan para hacker untuk menyadap akun Instagram. Ke-6 cara tersebut sudah merupakan rahasia umum.

Ke-6 cara tersebut adalah menebak password, menggunakan password yang pernah digunakan, menggunakan aplikasi auto like, metode lupa password, social engineering, dan phising. Metode paling klasik adalah dengan cara memaksa masuk dengan menebak password. Mereka (hacker) mencoba mengacak kata-kata dan menemukan password. Mereka juga kerap menggunakan password yang telah Anda gunakan.

Biasanya jika Anda pernah kena hack, Anda akan mengganti password. Dari situlah mereka mencoba menggunakan password yang telah Anda gunakan berkali-kali. Terlebih jika Anda hanya menggunakan satu password untuk beragam akun media sosial. Metode lupa password diaplikasikan dengan memasukkan password acak untuk kemudian memanfaatkan notifikasi e-mail di mana para hacker mengirimkan e-mail bodong.

Setelah mengirimkan e-mail bodong, mereka akan leluasa mendapatkan password baru. Aplikasi auto like media sosial juga ternyata dapat dimanfaatkan oleh para hacker. Berhati-hati jika Anda menggunakan aplikasi tersebut dan mencantumkan password yang sama dengan password akun media sosial. Terakhir teknik phising atau kelogger adalah teknik klasik yang mencoba menipu Anda dengan menampilkan halaman log in palsu.

Hindari Sadap dengan Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Password

Salah satu alasan kenapa akun Instagram Anda dapat disadap adalah password yang Anda gunakan kurang kuat dan mudah ditebak. Selain itu hindari menggunakan satu jenis password untuk seluruh akun media sosial. Waspada terhadap beragam e-mail yang tidak jelas atau isinya layaknya survei. Dengan mengetahui cara menyadap Instagram tersebut, Anda akan lebih waspada terutama dalam hal pemilihan password yang aman.