4 Antivirus Terbaik untuk Smartphone Android

0
51
4 Antivirus Terbaik untuk Smartphone Android
4 Antivirus Terbaik untuk Smartphone Android

Keamanan smartphone merupakan hal yang kadang diabaikan banyak orang. Banyak orang lupa bahwa ancaman dapat muncul kapan saja dan membuat smartphone Anda tidak dapat berfungsi dengan baik dan bahkan tidak berfungsi sama sekali. Untuk mengatasi gangguan keamanan yang bersumber dari virus smartphone berbahaya, Anda dapat menggunakan antivirus untuk smartphone Android yang paling recommended saat ini.

Perkembangan Android dan Virus Membuat Antivirus Menjadi Keharusan

Semakin beragamnya ancaman yang muncul pada smartphone Android dan semakin populernya Android sebagai perangkat yang digunakan sebagai alat transaksi keuangan membuat antivirus kian dibutuhkan. Berikut adalah beberapa alasan lain yang membuat Anda harus menginstal antivirus.

  1. Jumlah virus yang semakin banyak.
  2. Semakin banyak aplikasi yang tidak aman untuk didownload.
  3. Antivirus akan melindungi Anda dari ancaman terhadap keamanan data dan privasi.
  4. Terhindar dari beragam upaya hacking.

Berikut adalah 4 antivirus untuk smartphone Android yang dapat Anda gunakan untuk pertahanan keamanan data dan privasi Anda.

1. Avast

Avast sudah dikenal sejak lama sebagai produsen antivirus yang stabil, gratis, dan ampuh. Avast memiliki fitur ekstra, yakni call blocker, firewall, dan anti-theft feature. Fitur terakhir membuat smartphone Anda akan terkunci secara otomatis jika smartphone tersebut hilang. Selain ke-3 fitur ekstra tersebut, Avast dibekali dengan fitur yang akan memberikan keamanan ganda untuk menghalau ancaman malware.

2. AVL

AVL merupakan salah satu antivirus Android yang dapat dikatakan ringan. Dengan demikian, AVL tidak akan membebani performa smartphone dan baterai Anda. AVL memiliki fitur call blocker dan anti phising. Selain itu, AVL memiliki scanner yang akan mendeteksi beragam executable file atau program yang berusaha memasuki sistem operasi smartphone tanpa sepengetahuan Anda.

3. Bitdefender

Sama halnya dengan AVL, Bitdefender ringan untuk dijalankan. Akibatnya performa smartphone Anda tidak akan terganggu dan baterai tidak akan cepat habis. Bitdefender mudah digunakan dan tidak membutuhkan konfigurasi yang rumit. Beberapa fiture ekstra Bitdefender adalah real-time protection, anti-theft, dan privacy advisor tool.

4. Sophos

Sophos memang masih kalah populer dibanding Avast dan Bitdefender, tetapi kemampuan proteksinya tidak boleh diragukan. Sophos dapat memblokir website dengan potensi spam dan konten ilegal yang tinggi. Sophos juga dapat menangkal malware dan beragam upaya pencurian data penting yang Anda simpan di smartphone.