Begini Cara Buat Telegram Bot di Android yang Benar

0
185

Salah satu aplikasi yang digunakan sebagai alat untuk komunikasi adalah telegram. Aplikasi ini mungkin tidak sepopuler aplikasi messenger lain seperti whatsapp. Namun, bukan berarti telegram tidak bagus. Nyatanya, terdapat berbagai fitur menarik yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna. Salah satunya adalah telegram bot. Cara buat telegram bot juga terbilang mudah untuk dilakukan.

Mengenal Telegram

Telegram merupakan sistem atau aplikasi berkirim pesan yang terfokus pada keamanan dan kerahasiaan data pribadi penggunanya. Jadi bisa dibilang aplikasi ini aman dan tidak rentan penyadapan.

Aplikasi ini memang masih baru jika dibandingkan dengan whatsapp. Telegram diperkenalkan ke publik pada tahun 2013 sementara whatsapp sudah sejak 2010. Meski terbilang baru, telegram juga memiliki banyak sekali pengguna setia yang memanfaatkan fitur-fitur intuitif dari telegram.

Fitur Telegram Bot

Pengertian bot adalah program dari komputer sebagai alat yang digunakan untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu secara langsung dan otomatis. Jadi singkatnya, bot merupakan mesin yang dapat membantu mempermudah pengguna telegram. Fitur ini seringkali dimanfaatkan untuk berbagai keperluan oleh pengguna telegram. Cara buat telegram bot juga sangat mudah.

Cara Buat Telegram Bot di Android

Cara membuat telegram bot yang baik di BotFather yang merupakan bapaknya/pendahulu bot telegram.

  1. Pada kotak pencarian di telegram pilih “BotFather”
  2. Tunggu sampai hasil pencarian muncul dan pilih menu “Start” untuk mulai menjalankan BotFather
  3. Silahkan ketik /newbot pada tampilan yang muncul untuk membuat bot baru yang diinginkan.
  4. Selanjutnya silahkan membuat bot baru pada bot yang akan dibuat dan username pada bot tersebut harus diakhiri dengan kata “bot”  misalnya: presdirBot atau juga presdir_bot
  5. Selanjutnya setelah bot berhasil dikreasikan akan mendapatkan API token digunakan untuk membuka API bot pada telegram. API ini merupakan perangkat antarmuka yang disediakan untuk mengakses fungsi program yang dibuat.
  6. Setelah menunggu beberapa saat bot sudah selesai dibuat. Serta  dapat juga diatur atau digunakan untuk membuat bot lain sesuai dengan kreasi diri sendiri.

Kesimpulan

Fitur telegram bot merupakan salah satu fitur dari aplikasi telegram yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Cara buat telegram bot juga terbilang mudah dan tidak memakan waktu yang lama.