Sabtu, Desember 6, 2025
BerandaBeritaCara Mudah Membuat Postingan Kolaborasi yang Menarik di Instagram

Cara Mudah Membuat Postingan Kolaborasi yang Menarik di Instagram



ZONA GADGET


,


Jakarta


– Instagram menawarkan fasilitas kerjasama yang membolehkan dua profil untuk mengirimkan satu kiriman dengan bersamaan. Fasilitas ini bisa menjadi alternatif guna meningkatkan cakupan pengikut tanpa perlu melakukan dua kali publikasi. Materi yang diproduksi melalui sistem kerja sama tersebut bakal tampil pada laman utama keduanya yang terpilih, entah itu dalam wujud kiriman standar (Post) ataupun cuplikan video pendek (Reel).

Berbeda dengan
fitur
Penandaan (tag) pada fitur kerjasama Instagram membuat dua akun berbagi posisi yang sama dalam sebuah unggahan. Bila pemberitahuan kerjasama diiyakinkan, nama pengguna tiap-tiap akun akan muncul dalam satu kiriman. Ini artinya, partisipasi pengguna seperti likes, komentar, dan tampilan akan digabung menjadi satu dan bisa dinikmati keduanya oleh para pemilik akun tersebut.

Ini memberi manfaat unik bagi pembuat konten, pemilik usaha, serta individu yang berkeinginan untuk mengembangkan kolaborasi daring atau meningkatkan jangkauan audiens dengan cara yang lebih efektif.


Langkah-Langkah untuk Melakukan Kiriman Kolaborasi di Instagram


1. Meluncurkan Program dan Mengunggah Postingan

Pengguna harus membuka dulu aplikasi Instagram, setelah itu ketuk ikon tanda plus (“+”) yang ada di pojok kanan atas atau bawah layar, bergantung pada versi aplikasinya. Fungsinya adalah memulai proses membuat postingan baru.


2. Menentukan Materi Yang Akan Diposting

Setelah mengklik ikon tambahkan, pengguna akan disajikan beberapa jenis konten untuk dipilih, termasuk Pos (postingan standar), Cerita, Gulungan, atau Siaran Langsung. Agar bisa melakukan unggahan bersama-sama, pilih “Pos” atau “Gulungan”, lalu temukan foto atau video dari penyimpanan perangkat Anda yang ingin dibagikan. Bila diperlukan, pengguna punya opsi untuk memodifikasi penampakan isi itu sebelum beralih ke tahap selanjutnya dengan klik “Berikutnya”.


3. Menambahkan Kolaborator

Pada halaman pratinjau unggahan, pilih opsi “Tag People” untuk mulai menambahkan kolaborator. Setelah itu, pilih menu “Invite Collaborator”. Pengguna kemudian dapat mencari dan memilih akun Instagram yang ingin diajak untuk berkolaborasi dalam postingan tersebut. Setelah akun dipilih, ketuk ikon centang di pojok kanan atas layar untuk mengirimkan undangan kolaborasi.


4. Instagram mengizinkan sebuah postingan untuk memiliki hingga lima kolaborator.

Besaran tersebut meningkatkan kelincahan dalam mengembangkan kerjasama antar berbagai pihak sesuai dengan persyaratan serta taktik konten yang dipilih oleh para penggunanya.


Cara Menerima Undangan Kolaborasi

Jika seseorang diundang untuk berkolaborasi dalam sebuah unggahan, pemberitahuan akan dikirimkan melalui pesan langsung (Direct Message) dari Instagram. Pengguna yang menerima undangan dapat mengetuk tombol “Accept” untuk menyetujui kerja sama tersebut.

Selain menggunakan pesan langsung, undangan dapat ditemukan pada tab “Tag” dalam profil pengguna. Disitu, pengguna cukup mengklik opsi “Review”, kemudian memilih “Terima” untuk menuntaskan proses pendaftaran tersebut.

Setelah undangan diterima, unggahan tersebut akan muncul secara otomatis di profil kedua akun. Nama pengguna dari kedua belah pihak akan tampil pada bagian atas postingan, dan seluruh interaksi seperti komentar dan jumlah suka akan terlihat secara kolektif oleh kedua akun.


Syarat Keamanan Data dan Konfigurasi Izin Acces

Fitur kerja sama di Instagram terikat oleh pengaturan keamanan setiap profil individu. Umumnya, pedoman yang digunakan adalah sebagaimana ditetapkan dalam poin-poin berikut:

  • Akun publik dapat mengundang baik akun publik maupun akun pribadi sebagai kolaborator.
  • Akun pribadi pun bisa mengajukan undangan kerjasama ke pada akun publik ataupun lainnya secara pribadi, asalkan akun yang diajak sudah menjadi pengikut dari akun pribadi itu terlebih dahulu.
  • Apabila akun pribadi mengajak akun publik dan undangan itu diiyakan, postingan tersebut masih akan disebarluaskan dengan cara umum lewat akun kolaboratif yang bersifat terbuka. Instagram bakal menjelaskan tentang aturan privasi ini kepada para pemakai sebelum mereka membagi undangan kerjasama pertama kali.

Di samping itu, baik penyelenggara maupun mitra kerjasama, mempunyai kesempatan lengkap untuk mengatur hubungan tersebut. Mitra bisa mencabut partisipasinya dari proyek ini.
postingan
Kapan pun, sang pengunggah asli juga bisa mencabut status kerjasama dari akun yang sudah dia undang.


Muhammad Rafi Azhari

menyumbang untuk penulis artikel ini.

zonagadget
zonagadgethttps://www.zonagadget.co.id/
Berikan ilmu yang kamu punya, niscaya kamu akan mendapatkan yang lebih
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

New Post

Most Popular