Kunci jawaban Short Course: Mahir Artificial Intelligence PINTAR Kemenag dalam pelatihan berbasis Massive Open Online Course pada 16–20 Juni 2025.
ZONAGADGET
– Berikut adalah jawaban dari Short Course: Mahir Artificial Intelligence PINTAR Kemenag Tahun 2025, yang meliputi Modul 3.1 dan Modul 3.3. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama menyelenggarakan lagi pelatihan berbasis MOOC (Massive Open Online Course) pada tanggal 16 hingga 20 Juni 2025.
Soal dan kunci jawaban ini merupakan bagian dari pelatihan mandiri bersertifikat di platform PINTAR Kemenag. Sebelum mengerjakan soal latihan, guru dapat mempelajari materi terlebih dahulu di
https://pintar.kemenag.go.id
Modul yang termuat dalam artikel ini:
- Modul 3.1: Kecerdasan Buatan dan Tantangan di Masa Depan Pondok Pesantren
- Modul 3.2: Penggunaan AI untuk Pengenalan Tulisan Arab
-
Modul 3.3: Pengembangan Chatbot untuk Santri
Modul 3.3: Pemrograman Chatbot bagi Santri
Modul 3.3: Membuat Sistem Chatbot Khusus Santri
Modul 3.3: Penyusunan Chatbot yang Dikhususkan Untuk Santri
Modul 3.3: Perancangan Chatbot untuk Kalangan Santri
Simak soal dan kunci jawabannya di bawah ini.
Kunci Jawaban Short Course: Mahir Artificial Intelligence PINTAR Kemenag
(Kunci Jawaban Modul 3.1 AI dan Masa Depan Pesantren)
1. Di bawah ini adalah manfaat Artificial Intelligence
-
Meringankan kerja guru
-
Mempercepat kerja guru Tutor virtual bagi siswa
-
Umpan Balik langsung siswa
Di atas merupakan manfaat Al pada sektor:
A. Perindustrian
B. Perdagangan
C. Pendidikan
D. Penelitian
Kunci Jawaban: C
2. Cabang ilmu komputer yang mempelajari bagaimana cara membuat komputer dapat bertindak selayaknya manusia yang berpikir, bertindak dan memecahkan masalah adalah
A. Lower Intelligence
B. Intelligence Temporary
C. Artificial Intelligence
D. Brain Intelligence
Kunci Jawaban: C
3. Dalam pembelajaran Al berperan penting dalam implementasinya. Istilah lain untuk penerapan Al dalam mempercepat prosedur dan evaluasi dalam memuat tugas adalah
A. Task Automation
B. Improved Tutoring
C. Personalize Learning
D. Produce Digital Content
Kunci Jawaban: A
4. Semua proses dan keputusan yang diambil oleh sistem Al harus dapat dipahami dan dijelaskan dengan jelas oleh para pengguna, baik untuk guru, siswa atau pihak lain yang terlibat dalam proses pembelajaran. Pernyataan ini merupakan etika pemanfaatan Al dalam hal
A. Transparansi
B. Keadilan
C. Keamanan Data
D. Tanggung Jawab
Kunci Jawaban: A
5. Upaya guru untuk meningkatkan kompetensinya dalam menerapkan Al dalam pembelajaran adalah dengan…
A. Mengajak wall murid untuk rapat komite
B. Pelatihan di perpustakaan mini
B. Kegiatan workshop di tempat baca
B. Workshop pada ruang baca
B. Acara pelatihan di pusat informasi membaca
B. Pertemuan latihan di lokasi pengembangan literasi
C. Membagikan donasi ke masyarakat
D. Menggunakan platform yang tersedia di internet dan ponsel pintar guna memperkuat kemampuan belajar Al
Kunci Jawaban: D
6. Dalam penerapan Kecerdasan Buatan di bidang pendidikan, sebaiknya para guru mengikuti arah pengembangan AI sambil membentuk sesuatu yang belum dimiliki oleh AI, yakni…
A. Fantasi
B. Empati
C. Dedikasi
D. Imajinasi
Kunci Jawaban: B
7. Berikut ini yang TIDAK termasuk pemanfaatan AI dalam proses belajar mengajar adalah
A. Menilai Pekerjaan Siswa secara otomatis
B. Memaksakan siswa untuk belajar
C. Merencanakan Pembelajaran
D. Menganalisis kinerja siswa
Kunci Jawaban: B
8. Pembelajaran mendalam, pembelajaran tidak terawasi dan pembelajaran terawasi termasuk dalam cakupan kecerdasan buatan (AI) di bidang ini.
A. Natural language Processing
B. Robotic Brain
C. Expert Systern
D. Machine Learning
Kunci Jawaban: D
9. Berikut Ini contoh aplikasi penunjang pembelajaran Al adalah, kecuali…
A. Pictory
B. Canva
C. Photograph
D. Quizizz
Kunci Jawaban: C
10. Dengan memanfaatkan teknologi Al dalam pembelajaran oleh guru diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kualitas pengajaran yang diberikan oleh guru kepada siswanya. Namun penerapan Al dalam pembelajaran juga terdapat tantangan. Berikut merupakan tantangan penerapan Al kecuali..
A. Ketersediaan Sumber Daya
B. Ketergantungan Berlebihan
C. Pertanggung jawaban
D. Bias Data
Kunci Jawaban: C
(Kunci Jawaban Modul 3.3 Pembuatan Chatbot Santri)
1. Contoh sistem ujian yang menggunakan teknologi AI adalah:
A. Google Sheets
B. ExamSoft
C. Zoho People
D. Duolingo
Kunci Jawaban: B
2. Tahapan pertama dalam prinsip chatflow pada chatbot Al adalah?
A. Data Source
B. Load dan Transform
C. Retrieve
D. Store
Kunci Jawaban: A
3. Tahapan pertama dalam menggunakan OCR Space adalah…
A. Memasang aplikasi OCR Space
B. Memilih format output yang diinginkan
C. Memuat gambar yang mengandung tulisan Arab
D. Mengedit teks hasil konversi
Kunci Jawaban: C
4. Pesantren X berencana menggunakan Al untuk analisis perkembangan santri. Namun, beberapa guru khawatir tentang integrasi sistem ini dengan metode pengajaran tradisional. Apa langkah strategis yang sebaiknya diambil untuk mengatasi tantangan ini?
A. Mengurangi porsi pengajaran manual dan fokus pada otomatisasi penuh
B. Berhenti menerapkan AL untuk menghindari timbulnya resistensi
C. Mendorong penggunaan alat meskipun terdapat penentangan
D. Merancang kurikulum gabungan yang menggabungkan teknologi dengan pendekatan konvensional
Kunci Jawaban: D
5. Dari sudut pandang etika Islam, bagaimana pondok pesantren bisa mengurangi ketergantungan berlebih terhadap teknologi AI dalam proses belajar?
A. Memanfaatkan teknologi hanya dalam pekerjaan administrasi
B. Membatasi kemampuan peserta didik dalam mengakses perangkat digital
B. Mengurangi kesempatan siswa untuk menggunakan alat teknologi modern
B. Menyediakan batasan bagi murid dalam memanfaatkan media digital
B. Memberikan keterbatasan akses anak didik ke dunia teknologi informasi
B. Membuat pembatasan penggunaan fasilitas elektronik oleh para santri
C. Mempertahankan keseimbangan antara fungsi teknologi dan pendekatan belajar yang berlandaskan nilai-nilai moral
D. Menekan pemakaian Al di berbagai bidang pondok pesantren
Kunci Jawaban: C
6. Chatbot AI dapat merespons secara real time. Keunggulan ini bermanfaat bagi santri dalam aspek apa saja?
A. Lebih memperhatikan proses pembelajaran secara sungguh-sungguh
B. Menjaga hubungan baik dengan pengajar
C. Memperoleh bahan pembelajaran tambahan
D. Mendapatkan jawaban tanpa perlu menunggu
Kunci Jawaban: D
7. Apa yang membedakan penggunaan OCR Space dengan rdi-tashkeel.com dalam proses digitalisasi teks Arab?
A. OCR Space digunakan untuk mengenali teks, sedangkan rdi-tashkeel.com digunakan untuk menerjemahkan teks
B. Keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu menambahkan harakat pada teks
C. OCR Space mengubah gambar menjadi teks, sedangkan rdi-tashkeel.com menambahkan harakat pada teks yang sudah ada
D. OCR Space hanya bisa digunakan untuk teks Arab, sedangkan rdi-tashkeel com bisa untuk semua bahasa
Kunci Jawaban: C
8. Apa saja maksud utama penggunaan teknologi AI di lingkungan pondok pesantren?
A. Membuang sistem pondok pesantren yang konvensional
B. Mengambil alih tugas seorang guru secara keseluruhan
C. Mengurangi jumlah santri
D. Memperbaiki efisiensi dalam pengelolaan dan proses belajar-mengajar
Kunci Jawaban: D
9. OCR adalah kependekan dari…
A. Online Character Reader
B. Online Code Recognition
C. Optical Code Reader
D. Optical Character Recognition
Kunci Jawaban: D
10. Bagaimana cara Anda menjamin bahwa penggunaan AI di pondok pesantren tidak sekadar meningkatkan keefisienan namun juga menjaga inti dari nilai-nilai yang ada dalam pesantren tersebut?
A. Mempercayakan semua pengambilan keputusan pada perusahaan penyedia teknologi
B. Serah-terimakan segala penentuan hasil kepada vendor teknologi
C. Menyerahkan seluruh kebijaksanaan dalam mengambil keputusan kepada pihak yang menyediakan solusi teknis
D. Mengalihkan tanggung jawab pengambilan keputusan sepenuhnya kepada entitas provider teknologi
E. Memberikan kewenangan utama untuk menetapkan keputusan kepada para pemangku teknologi
B. Mengganti cara belajar konvensional dengan sistem yang terotomasi
C. Menglibatkan ustadz dan pengelola dalam penilaian sistem Al
D. Menggunakan seluruh fitur AI tanpa pemilihan
Kunci Jawaban: C
11. Bagaimana fungsi dari embedding dalam pengembangan chatbot berbasis AI?
A. Menyambungkan bot obrolan dengan pengguna
B. Mempertemukan chatbot dengan pengguna
C. Mengaktifkan komunikasi antara chatbot dan pengguna
D. Memfasilitasi interaksi antara chatbot dan pengguna
E. Melakukan koneksi antar chatbot dan pengguna
B. Memfasilitasi chatbot dalam mengakses jaringan internet
B. Membantu bot obrolan untuk terhubung ke internet
B. Mendukung chatbot agar dapat mengunjungi situs web
B. Menyediakan kemampuan bagi chatbot untuk mengakses dunia maya
B. Memberikan akses internet kepada sistem percakapan virtual
C. Mengubah kata-kata menjadi representasi numerik yang memetakan konteks
D. Menyimpan data dalam format gambar
Kunci Jawaban: C
12. Manakah yang BUKAN merupakan format gambar yang bisa diunggah di OCR Space?
A. PNG
B. MP4
C. PDF
D. JPG
Kunci Jawaban: B
13. Apa keuntungan menggunakan rdi-tashkeel.com?
A. Teks Arab menjadi lebih panjang
B. Teks Arab menjadi lebih pendek
C. Teks Arab menjadi lebih indah
D. Teks Arab menjadi lebih mudah dibaca dan dipahami
Kunci Jawaban: D
14. Tujuan utama pelatihan ini adalah untuk…
A. Mengembangkan perangkat lunak untuk mengidentifikasi huruf
B. Memahami bahasa Arab dengan lebih terperinci
C. Menguasai penggunaan perangkat lunak OCR
D. Mengekspor teks Bahasa Arab secara digital dan mengumpulkan sumber-sumber ilmiah Islam
Kunci Jawaban: C
15. Apa saja keuntungan utama mengadopsi chatbot berbasis AI di lingkungan pondok pesantren?
A. Mampu memainkan peran guru secara keseluruhan
B. Membuat pesantren lebih modern
C. Menyusutkan jumlah peserta didik yang harus datang langsung ke lokasi
D. Memberikan akses informasi yang lebih interaktif
Kunci Jawaban: D
*)Disclaimer:
Jawaban di atas hanya digunakan untuk memandu bapak/ibu guru dalam mengerjakan PINTAR Kemenag Short Course: Mahir Artificial IntelligenceUrutan soal maupun jawaban bisa saja acak.
(
Tribunnews.com/M Alvian Fakka/ZONAGADGET/Melshanda Vristiyan
)

