Jumat, Desember 5, 2025
BerandaBeritaWhatsApp Hadirkan Iklan & AI, UMKM Tembus Pasar Lebih Luas

WhatsApp Hadirkan Iklan & AI, UMKM Tembus Pasar Lebih Luas


ZONAGADGET

Fitur terbaru dari WhatsApp akan segera memperkenalkan iklan serta teknologi AI yang mampu membantu bisnis kecil mencapai pasar yang lebih luas.

Di acara Conversations 2025 yang berlangsung di Miami, Meta mengumumkan rencana pengembangan platform WhatsApp Business sebagai pusat komunikasi perusahaan utuh.

Untuk jutaan pengguna, WhatsApp menjadi lokasi ideal dalam berkomunikasi dengan sahabat, mengirim gambar, maupun membagikan rencana liburan akhir minggu.

Namun di belakang panggung, WhatsApp juga sudah menjadi alat yang sangat bermanfaat bagi perusahaan, di mana pesan melalui WhatsApp bisa mempercepat transaksi jual beli, menjawab pertanyaan layanan pelanggan, atau menerbitkan tagihan. Sekarang, Meta berencana untuk meningkatkannya lebih lanjut.

Pada acara Conversations 2025 di Miami, Meta meluncurkan pembaruan menyeluruh untuk platform WhatsApp Business.

Dari asisten bertenaga AI dan panggilan suara hingga kampanye iklan lintas platform, tujuannya jelas: mengubah WhatsApp dari alat pengiriman pesan menjadi pusat komunikasi bisnis yang lengkap.

Salah satu perkembangan yang sangat signifikan ialah pengenalan asisten percakapan berbasis kecerdasan buatan.

Robot cerdas ini mampu merespons pertanyaan umum dari pelanggan, menyarankan barang-barang tertentu, membimbing pengguna dalam tahapan transaksi pembelian, serta selalu siap untuk memberi bantuan tambahan sesuai kebutuhan.

Fungsi tersebut telah diujicobakan di Meksiko, dan secepatnya akan dirilis ke seluruh dunia.

Hal lain yang baru adalah kemampuan bagi pelanggan untuk menghubungi perusahaan langsung via WhatsApp—baik melalui panggilan suara maupun video.

Hal ini dapat menjadi penentu keberhasilan bagi sektor bisnis yang mengutamakan pelayanan, seperti perawatan kesehatan, perbankan, atau pariwisata, tempat percakapan biasanya kurang memadai.

Catatan suara juga ditambahkan, menawarkan lebih banyak fleksibilitas untuk dukungan yang dipersonalisasi.

Di bidang pemasaran, Meta memudahkan bisnis untuk beriklan di WhatsApp, seperti yang mereka lakukan di Facebook dan Instagram.

Dengan Pengelola Iklan yang diperbarui, bisnis kini dapat membuat dan mengelola iklan untuk ketiga platform dari satu tempat. Alat AI Meta, yang disebut Advantage+, akan membantu iklan ini menjangkau orang yang tepat. Dalam waktu dekat, bisnis juga akan dapat menjalankan iklan di WhatsApp Status – seperti halnya Stories di Instagram.


Simak penjelasan masing-masing rencana fitur barunya:


Mengoptimalkan Strategi Pemasaran pada Aplikasi WhatsApp, Facebook, dan Instagram

Kami menyederhanakan cara bisnis membuat dan mengelola strategi pemasaran mereka di WhatsApp, Facebook, dan Instagram – semuanya di Pengelola Iklan.

Kini, bisnis dari semua ukuran dapat menggunakan alur penyiapan, alur kerja, dan anggaran yang sama di satu tempat terpusat.

Setelah terintegrasi, bisnis dapat mengunggah daftar pelanggan mereka dan memilih pesan pemasaran secara manual sebagai penempatan tambahan atau menggunakan Advantage+, dan sistem AI kami kemudian akan mengoptimalkan anggaran di seluruh penempatan untuk memaksimalkan kinerja.

Setelah tersedia, bisnis yang tertarik membuat iklan di Status juga dapat melakukannya dari Pengelola Iklan.


Memperluas Dukungan AI

Dengan meningkatnya jumlah pelanggan yang berkunjung, perusahaan memerlukan bantuan tambahan dalam menghadapi peningkatan volume percakapan.

Inilah saatnya AI berperan. Kami sedang mengembangkan solusi AI Bisnis yang mampu memberikan saran produk sesuai preferensi individu serta mendukung proses penjualan di setiap website perusahaan—lalu melanjutkannya dengan komunikasi langsung kepada pelanggan lewat percakapan WhatsApp untuk merespons pertanyaan atau menyampaikan pembaruan terakhir.

Segera, kami akan mengembangkan AI Bisnis ke berbagai perusahaan tambahan di Meksiko.


Menghadirkan Pilihan Telepon dan Suara

Beberapa pekan ke depan, perusahaan skala besar yang mengandalkan WhatsApp Business Platform bisa menerima panggilan dari pelanggan saat mereka ingin berkomunikasi langsung dengan seseorang, atau melakukan panggilan balik kepada pelanggan setelah dimintai oleh mereka.

Selanjutnya, kami juga akan menyediakan kemampuan pengiriman dan penerimaan pesan suara sebagai bantuan tambahan, atau melakukan panggilan video yang bisa berguna dalam situasi seperti pertemuan kesehatan jarak jauh.

Menyediakan fitur panggilan dan pesan suara pada platform WhatsApp Business dapat memudahkan pengguna dalam berkomunikasi sesuai preferensi masing-masing serta menjadi dasar untuk layanan pendukung AI di kemudian hari.

Perusahaan yang ingin mulai menggunakan layanan panggilan di WhatsApp Business Platform bisa bermitra dengan salah satu penyedia terpercaya.

Lanjutkan membaca berita terkini pada channel berikut:
Channel WA
,
Facebook
,
X (Twitter)
,
YouTube
,
Threads
,
Telegram

zonagadget
zonagadgethttps://www.zonagadget.co.id/
Berikan ilmu yang kamu punya, niscaya kamu akan mendapatkan yang lebih
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

New Post

Most Popular