Jumat, Desember 5, 2025
BerandaUncategorizedKeunggulan KChat, Chatbot AI Ciptaan Anak Nusantara

Keunggulan KChat, Chatbot AI Ciptaan Anak Nusantara

Korika Chat: Chatbot AI yang Dikembangkan oleh Anak Bangsa

Korika (Kolaborasi Riset dan Inovasi Industri Kecerdasan Artifisial) bersama Datasaur AI meluncurkan chatbot AI bernama Korika Chat (KChat). Chatbot ini dikembangkan oleh anak bangsa dan dirancang khusus untuk perusahaan hingga usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). KChat adalah platform chatbot Generative AI dengan kemampuan Agentic AI yang dirancang untuk mengakses dan mengelola informasi publik terverifikasi secara real-time.

Dalam demo yang dilakukan, KChat terbukti mampu menelusuri ribuan dokumen dari berbagai format seperti PDF, Word, Excel, hingga data terbuka. Selain itu, KChat juga mampu merespons pertanyaan publik secara kontekstual, cepat, serta efisien. Platform ini dapat diakses melalui web dan WhatsApp, sehingga mendukung penyebaran informasi bagi masyarakat Indonesia.

KChat didesain dengan pendekatan privacy-first dan dapat di-host 100% di server klien. Ini memastikan keamanan data pengguna. Platform ini mendukung berbagai opsi deployment, mulai dari server fisik, VPC, hingga cloud provider. Selain itu, KChat kompatibel dengan berbagai LLM populer, baik proprietary maupun open-source, serta mendukung integrasi software yang sudah ada.

Salah satu keunggulan utama dari KChat adalah kemampuannya sebagai AI Agent. Chatbot ini tidak hanya menjawab pertanyaan, tetapi juga dapat mengakses dan berinteraksi dengan beragam aplikasi untuk berbagai skenario, seperti customer support, internal chatbot, riset, maupun business intelligence. Hal ini membuat KChat sangat fleksibel dalam penggunaannya.

Selain itu, Korika Chat menawarkan fleksibilitas dengan opsi white-label customization, sehingga organisasi atau perusahaan dapat menghadirkan pengalaman chatbot yang aman dan sesuai dengan identitas merek. Di sisi model, KChat menggunakan sistem license-based dengan paket penggunaan yang fleksibel, mulai dari skala kecil, menengah, hingga besar. Dengan begitu, KChat dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Dukungan standar Bahasa Indonesia formal membuat KChat relevan untuk kebutuhan komunikasi sektor BUMN, lembaga publik, hingga UMKM. Bagi BUMN dan lembaga publik, Korika Chat dapat mempercepat birokrasi, meningkatkan kualitas layanan, dan mendorong transparansi regulasi. Bagi perusahaan, KChat menawarkan percepatan adopsi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) melalui tamplate industri siap pakai, serta menghadirkan solusi kepatuhan yang efisien dan hemat biaya.

Bagi karyawan, platform ini membantu meningkatkan produktivitas dan mempermudah manajemen pengetahuan. Bahkan, KChat dapat diimplementasikan hanya dalam waktu satu minggu.

Beberapa fitur utama KChat antara lain: Privacy Chat, Knowledge Base Management, AI Agent Capability, Flexible Deployment, Easy Integration, Smart Search, Multi LLM Support, Multimodal Capability, Whitelabel UI, dan Mendukung Bahasa Indonesia.

Saat ini, KChat hadir dengan versi awal dan akan terus dikembangkan untuk menjaga relevansi jangka panjang. Korika telah menyiapkan peta jalan pengembangan tersebut. Pada 2025, KChat akan dilengkapi antarmuka drag-and-drop yang memungkinkan siapa pun merancang Agen AI tanpa keahlian teknis, serta sebagai template project siap pakai untuk sektor publik maupun swasta.

Di tahun 2026, Korika Chat akan mengembangkan kapabilitas percakapan real-time, memungkinkan interaksi lebih natural dengan chatbot maupun AI Agent. Dengan fitur ini, KChat dapat berfungsi layaknya asisten virtual yang mendukung komunikasi dua arah secara instan, baik melalui teks maupun suara.

zonagadget
zonagadgethttps://www.zonagadget.co.id/
Berikan ilmu yang kamu punya, niscaya kamu akan mendapatkan yang lebih
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

New Post

Most Popular