Sabtu, Desember 6, 2025
BerandaUncategorizedAI Kini Hadir di Industri Makanan Bayi, Tak Hanya Perbankan dan Kesehatan

AI Kini Hadir di Industri Makanan Bayi, Tak Hanya Perbankan dan Kesehatan

Peran Kecerdasan Buatan dalam Industri Makanan Bayi

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) kini menjadi teknologi yang paling cepat berkembang di dunia. Dari layanan perbankan, kesehatan hingga hiburan, AI hadir untuk mempermudah aktivitas manusia dan membuka peluang efisiensi di berbagai lini industri. Tidak hanya itu, AI juga mulai merambah ke berbagai sektor lainnya, termasuk industri makanan bayi.

Para pelaku industri tersebut menganggap penting penggunaan AI dalam beberapa aktivitasnya. Daniel Christianto dari Kalbe Nutritionals mengatakan bahwa dalam hal pemasaran, informasi multi sumber kini menjadi hal yang sangat penting. AI menjadi salah satu sumber informasi utama yang digunakan. Ia juga menyadari bahwa masyarakat kini lebih sering mencari informasi melalui AI, seperti ChatGPT dan Gemini AI, dibandingkan mesin pencari tradisional seperti Google.

Daniel menegaskan bahwa tim pemasarannya diminta untuk memperhatikan perkembangan teknologi ini. Bahkan, mereka berupaya agar kandungan nutrisi pada produk makanan bayi perusahaan bisa ramah dengan AI saat ibu-ibu bertanya tentang makanan bayi. Menurutnya, ketika seorang ibu bertanya tentang nutrisi yang tepat, brand harus mampu memberikan jawaban yang sesuai dengan kandungan nutrisi produk perusahaan.

Charlotte Kowara, CEO Accelerice Indonesia, turut menanggapi fenomena ini. Menurutnya, saat ini adalah era informasi yang sangat cepat. Segala hal yang dilakukan oleh masyarakat tergantung dari internet. Meski begitu, ia menekankan bahwa tanggung jawab produsen makanan bayi tetap ada dalam menginformasikan nutrisi kepada konsumen. “Di sinilah AI berperan sebagai sumber informasi yang sangat banyak, namun di sisi produksi, saya pikir AI juga banyak terlibat,” ujarnya.

Dalam acara yang sama, diselenggarakan pula Final Pitching Program Future Food: Nourishing Little Ones. Program ini merupakan inisiatif untuk mendorong lahirnya inovasi di industri makanan bayi dan anak melalui kolaborasi antara foodpreneur dengan para pemangku kepentingan industri. Tahun ini, program fokus pada inovasi produk makanan bayi dan anak, dengan tujuan mendukung tumbuh kembang generasi penerus bangsa melalui pangan bergizi, aman, dan berkelanjutan.

Secara garis besar, Future Food bertujuan untuk menjangkau, menghubungkan, dan menciptakan sebuah hub berkumpulnya para pemangku kepentingan inovasi pangan untuk mewujudkan proyek mereka dalam satu wadah kolaborasi. Program ini diawali dengan seleksi ketat, dilanjutkan mentoring bootcamp. Peserta mendapat pembekalan empat modul utama, yaitu formulasi, proses produksi dan distribusi, manajemen kualitas, serta peluang pasar makanan bayi dan anak di e-commerce.

Hasilnya, lima food brand terbaik terpilih untuk menampilkan ide dan strategi bisnis mereka. Mereka adalah Foodganic, Lean Lab Indonesia, Gogofield, Bananania, dan Zumami. Proses ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi para pelaku usaha untuk menunjukkan inovasi mereka, tetapi juga menjadi ajang untuk meningkatkan kualitas produk makanan bayi secara keseluruhan.

zonagadget
zonagadgethttps://www.zonagadget.co.id/
Berikan ilmu yang kamu punya, niscaya kamu akan mendapatkan yang lebih
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

New Post

Most Popular