Jumat, Desember 5, 2025
BerandaUncategorizedPSDKU Unpatti MBD Latih Guru SMKN 7 dengan Pembelajaran Inovatif Berbasis Kecerdasan...

PSDKU Unpatti MBD Latih Guru SMKN 7 dengan Pembelajaran Inovatif Berbasis Kecerdasan Buatan

Pengabdian Kepada Masyarakat dengan Teknologi Kecerdasan Buatan

Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Pattimura, Kabupaten Maluku Barat Daya, berhasil menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang menarik perhatian banyak pihak. Kegiatan ini mengambil fokus pada pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran. Acara digelar di SMK Negeri 7 Maluku Barat Daya, pada tanggal 16 hingga 17 Oktober 2025, dengan tema utama “Desain Pembelajaran Inovatif dengan Memanfaatkan Kecerdasan Buatan”.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antar program studi PSDKU Unpatti MBD, khususnya dari Pendidikan Matematika dan Peternakan. Ketua Tim PkM, Ratnah Kurniati, bersama Michael Inuhan dari Pendidikan Matematika, serta Asmirani Alam yang mewakili Peternakan, menjadi penggerak utama pelaksanaan acara ini. Dukungan juga datang dari tiga mahasiswa, yaitu Jafrandi J. Reiwuty dan Stevyanus Poseratu dari Pendidikan Matematika, serta Piterson Meikudy dari Peternakan.

Dana untuk program ini berasal dari Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat Ruang Lingkup Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat. Tujuan utamanya adalah membekali guru dengan perangkat digital modern yang dapat meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar.

Pelatihan Platform AI untuk Guru

Pada hari pertama, kegiatan dimulai dengan pengenalan platform Gimkit, sebuah aplikasi evaluasi berbasis permainan yang memungkinkan guru merancang soal dengan dukungan AI. Sesi ini dipandu oleh Michael Inuhan dari Pendidikan Matematika, diikuti dengan praktik langsung oleh para guru. Hanna A. Tanody, perwakilan mitra dari SMK N 7 MBD, menyampaikan apresiasi atas materi yang disampaikan.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi guru untuk memantik minat siswa dalam belajar,” ujarnya.

Hari Kedua: Media Pembelajaran yang Lebih Variatif

Hari kedua dimulai dengan sambutan dari Wakil Koordinator PSDKU Universitas Pattimura Kab. Maluku Barat Daya, Andy S. K. Dahoklory. Acara resmi dibuka oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 7 Maluku Barat Daya, Frangki Obeth Knyartutu.

Pelatihan hari kedua fokus pada media pembelajaran yang lebih variatif. Ratnah memaparkan penggunaan Canva, mulai dari pengenalan fitur utama berbasis AI hingga pemanfaatan template yang bisa disesuaikan dengan mata pelajaran. Sementara itu, Asmirani menjelaskan secara rinci tentang FarmQuest, sebuah media pembelajaran inovatif berbentuk permainan yang juga dibagikan templatenya kepada peserta.

Antusiasme peserta terlihat jelas saat mereka mempraktikkan modifikasi template FarmQuest menggunakan Canva dan mencoba langsung permainan FarmQuest dalam suasana belajar yang menyenangkan.

Penutup dan Harapan Masa Depan

Menutup kegiatan, Ketua Tim PkM menyerahkan secara simbolis teknologi inovasi kepada perwakilan guru. Rita O. Sairmau, perwakilan guru SMK N 7 MBD, menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini.

“Kegiatan ini sangat menarik dan meminta agar kegiatan selanjutnya dapat dilaksanakan dalam durasi yang lebih lama,” katanya. Ia juga berharap agar selanjutnya para guru bisa mengaplikasikan langsung apa yang didapatkan selama pelatihan kepada siswa dalam proses pembelajaran di kelas.

Pasca pelatihan, tim PkM yang terdiri dari dosen dan mahasiswa mengadakan enam kali sesi pendampingan sepanjang Oktober hingga November. Tujuannya memastikan setiap guru mampu mengimplementasikan media pembelajaran yang diperkenalkan dapat berjalan efektif dan berkelanjutan di kelas masing-masing.

zonagadget
zonagadgethttps://www.zonagadget.co.id/
Berikan ilmu yang kamu punya, niscaya kamu akan mendapatkan yang lebih
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

New Post

Most Popular