Sabtu, Desember 6, 2025
BerandaUncategorizedContoh Modul Deep Learning Informatika Kelas 11 SMA, Bab 1

Contoh Modul Deep Learning Informatika Kelas 11 SMA, Bab 1

Ringkasan Modul Ajar Deep Learning Informatika Kelas 11 Bab 1

Modul ajar deep learning untuk mata pelajaran Informatika kelas 11, bab pertama, berisi pengenalan konsep dasar Informatika. Modul ini dirancang untuk digunakan selama semester ganjil dengan alokasi waktu sekitar 6 kali pertemuan, masing-masing durasi 45 menit.

Sebagian besar peserta didik sudah memiliki pengalaman dasar dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam kehidupan sehari-hari. Namun, pemahaman mereka tentang konsep fundamental Informatika serta dampaknya secara sosial, etis, dan ekonomi masih perlu diperkuat.

Identitas Modul

Modul ini disusun oleh guru mata pelajaran Informatika dan ditujukan untuk siswa kelas XI. Alokasi waktu yang diberikan adalah 6 × 45 menit, atau setara dengan tiga pertemuan. Modul ini mencakup berbagai aspek seperti definisi Informatika, sistem komputasi, jaringan komputer, dan algoritma.

Kesiapan Peserta Didik

Peserta didik kelas XI umumnya telah mengenal TIK dalam kehidupan sehari-hari, seperti penggunaan perangkat seluler, internet, dan media sosial. Meskipun demikian, pengetahuan mereka tentang konsep-konsep dasar Informatika masih terbatas pada penggunaan alat, bukan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip di baliknya.

Karakteristik Materi Pelajaran

Materi dalam bab ini fokus pada penguasaan konsep dasar Informatika, bukan hanya penggunaan alat. Peserta didik akan belajar tentang pengetahuan konseptual, prosedural, dan metakognitif. Selain itu, modul ini juga mengintegrasikan nilai-nilai seperti tanggung jawab, etika, dan kolaborasi dalam penggunaan teknologi.

Dimensi Profil Lulusan Pembelajaran

Dalam pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:

  • Menganalisis masalah komputasional dan dampak Informatika.
  • Bekerja sama dalam memecahkan masalah.
  • Mengidentifikasi kebutuhan belajar mandiri.
  • Menjelaskan konsep Informatika secara efektif.

Desain Pembelajaran

Pembelajaran dibagi menjadi tiga pertemuan, yaitu:

Pertemuan 1: Memahami Konsep Dasar Informatika dan Sistem Komputasi

Tujuan dari pertemuan ini adalah membantu peserta didik memahami definisi Informatika dan komponen sistem komputasi. Metode pembelajaran melibatkan diskusi kelompok, eksplorasi lapangan virtual, dan presentasi.

Pertemuan 2: Mengeksplorasi Jaringan Komputer dan Internet

Pertemuan ini fokus pada pemahaman tentang jaringan komputer dan dampak penggunaan internet. Peserta didik akan menganalisis manfaat dan risiko penggunaan internet serta cara menggunakannya secara aman dan etis.

Pertemuan 3: Menerapkan Berpikir Komputasional dan Merefleksikan

Pada pertemuan ini, peserta didik akan menerapkan prinsip berpikir komputasional untuk memecahkan masalah nyata. Mereka juga akan merefleksikan pentingnya Informatika dalam kehidupan sehari-hari.

Topik Pembelajaran Kontekstual

Topik pembelajaran berpusat pada “Informatika untuk Kehidupan: Dari Perangkat Genggam Hingga Solusi Cerdas”. Peserta didik diajak untuk melihat bagaimana Informatika bekerja di balik aplikasi dan sistem yang mereka gunakan sehari-hari, serta bagaimana berpikir komputasional dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah di berbagai bidang.

Kerangka Pembelajaran

Metode pembelajaran yang digunakan mencakup:

  • Project-Based Learning: Peserta didik akan membuat proyek akhir seperti mind map interaktif atau presentasi mini.
  • Diskusi Kelompok: Mendorong partisipasi aktif dan analisis kritis.
  • Eksplorasi Lapangan Virtual: Kunjungan virtual ke pusat data atau simulasi jaringan komputer.
  • Wawancara: Mewawancarai profesional di bidang IT.

Mitra Pembelajaran

Mitra pembelajaran melibatkan lingkungan sekolah, seperti guru mata pelajaran lain dan teknisi IT, serta lingkungan luar sekolah seperti komunitas IT lokal dan praktisi TI.

Lingkungan Belajar

Lingkungan belajar mencakup ruang fisik seperti laboratorium komputer dan ruang virtual seperti platform digital untuk berbagi materi dan forum diskusi.

Pemanfaatan Digital

Beberapa sumber digital yang digunakan antara lain:

  • Perpustakaan Digital: Akses e-book dan artikel tentang Informatika.
  • Forum Diskusi Daring: Digunakan untuk melanjutkan diskusi di luar jam pelajaran.
  • Penilaian Daring: Menggunakan platform kuis interaktif seperti Kahoot!.
  • Google Classroom: Sebagai pusat manajemen kelas.
  • Video Pembelajaran: Video edukasi di YouTube untuk menjelaskan konsep Informatika secara visual.

Langkah-Langkah Pembelajaran Berdiferensiasi

Setiap pertemuan memiliki langkah-langkah yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, termasuk:

  • Pertemuan 1: Fokus pada pemahaman konsep dasar Informatika dan sistem komputasi.
  • Pertemuan 2: Mengeksplorasi jaringan komputer dan internet.
  • Pertemuan 3: Menerapkan berpikir komputasional dan merefleksikan pengalaman belajar.

Asesmen Pembelajaran

Asesmen pembelajaran terdiri dari beberapa tahap:

Asesmen Awal

Melibatkan observasi, wawancara singkat, kuesioner, dan tes diagnostik untuk mengukur pemahaman awal peserta didik.

Asesmen Proses

Termasuk tugas harian, diskusi kelompok, dan presentasi informal untuk mengevaluasi proses belajar peserta didik.

Asesmen Akhir

Berupa jurnal reflektif, tes tertulis, dan tugas akhir/ proyek seperti penyusunan mind map interaktif atau presentasi mini.

zonagadget
zonagadgethttps://www.zonagadget.co.id/
Berikan ilmu yang kamu punya, niscaya kamu akan mendapatkan yang lebih
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

New Post

Most Popular