Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Smartphone

0
47

Mengapa Anda ingin menghapus aplikasi bawaan smartphone Anda? Apakah hal itu tidak akan menimbulkan masalah pada smartphone Anda? Ketika ingin menghapus sebuah aplikasi bawaan dari smartphone, sebaiknya Anda memperhatikan seberapa besar pengaruh aplikasi tersebut pada smartphone Anda. Jika dirasa penting, maka sebaiknya urungkan niat Anda untuk menghapus nya.

Namun, ada juga beberapa aplikasi bawaan smartphone yang memang tidak terlalu berguna atau memang jarang digunakan. Jadi tidak masalah jika Anda menghapus aplikasi tersebut untuk menghemat RAM dan baterai smartphone Anda. Hal ini bertujuan agar penggunaan smartphone Anda lebih optimal dan tidak keberatan dengan aplikasi yang tidak digunakan.

Silakan Anda pilih aplikasi mana yang ingin Anda hapus, namun sebelum Anda menghapus nya, sebaiknya pelajari cara menghapus aplikasi bawaan smartphone terlebih dahulu. Agar tidak terjadi kekeliruan ketika Anda menghapusnya dan menyebabkan masalah pada smartphone Anda.

Langkah-langkah Menghapus Aplikasi Bawaan Smartphone

Menghapus Aplikasi Bawaan Smartphone tanpa Root

Smartphone yang belum di root sebenarnya tidak dapat menghapus aplikasi bawaan, tetapi Anda dapat menonaktifkan nya dengan cara membuka menu “pengaturan”, pilih menu “aplikasi”, dari situ aplikasi samrtphone Anda akan ditampilkan semua dan Anda tinggal memilih aplikasi mana yang akan di nonaktifkan, lalu pilih “nonaktifkan”. Aplikasi nya telah di nonaktifkan namun belum terhapus sepenuhnya.

Menggunakan Ccleaner

Bagi Anda yang ingin menghapus aplikasi bawaan smartphone, Anda dapat menggunakan aplikasi Ccleaner ini. Aplikasi ini berfungsi untuk menghapus aplikasi yang Anda inginkan secara massal, sehingga Anda tidak perlu menghapus nya satu-persatu. Selain itu, aplikasi ini juga berfungsi sebagai pembersih smartphone agar tidak lemot ketika digunakan. Silakan download aplikasi nya di PlayStore.

Root App Deleter

Cara menghapus aplikasi bawaan smartphone Anda yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi Root App Deleter. Aplikasi ini bisa Anda donwload di PlayStore dan ikut langkah-langkah selanjutnya. Setelah Anda membukanya, pilih menu pro dan aplikasi yang ingin Anda hapus lalu uninstall.  Anda tidak boleh menghapus aplikasi dengan tulisan warna merah karena akan error.