3 Tips Memilih Aplikasi Smartphone

0
41

Berbagai aplikasi smartphone semakin lama semakin menjamur seiring berkembangnya smartphone. Baik smartphone Android maupun IOS. Aplikasi smartphone diciptakan oleh developer dari berbagai perusahaan teknologi untuk mencakup semua kebutuhan pengguna smartphone agar mudah diakses. Saking banyaknya, anda mungkin sampai bingung dalam memilih aplikasi smartphone anda.

Berbagai pilihan aplikasi android dapat kita temukan di sirus penyedia aplikasidi internet seperti Play Store dll. Setiap aplikasi juga menawarkan fungsi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan setiap pengguna. Aplikasi yang ditawarkan kebanyakan merupakan aplikasi gratis yang hanya membutuhkan jaringan internet untuk mengunduh, tetapi ada juga beberapa yang berbayar atau memiliki ketentuan tertentu sesuai developer masing-masing.

Memiliki terlalu banyak aplikasi pada smartphone juga berpengaruh buruk bagi kesehatan smartphone. Hal tersebut membuat penyimpanan penuh dan menjadi sering lelet juga. Kebanyakan aplikasi juga dapat menyebabkan panas pada baterai sehingga saat menggunakan suatu aplikasi sering keluar secara sendirinya.

Mengapa memilih aplikasi smartphone sangat penting? Mungkin anda bertanya-tanya seperti itu. Tanpa anda sadari dari begitu banyak aplikasi, ada beberapa aplikasi yang dapat merusak system ponsel anda, dengan kata lain suatu aplikasi bisa saja mengundang virus. Oleh sebab itu disarankan untuk mengunduh aplikasi dari situs resmi.

Dibawah ini beberapa tips memilih aplikasi smartphone yang baik.

Pilih aplikasi sesuai kebutuhan

Tentu saja yang paling utama adalah memilih aplikasi sesuai kebutuhan. Kamu pasti memiliki banyak relasi atau membutuhkan smartphone sebagai alat komunikasi. Maka pilihlah aplikasi komunikasi yang sedang banyak digunakan oleh relasimu. Biasanya aplikasi komunikasi yang sedang banyak digunakan seperti Whatsapp, Line,BBM. Jika kamu hobi bermain game pilihlah game sesuai dengan kemampuan spesifikasi hp anda. Jika anda adalah pebisinis online, maka anda sebaiknya mengunduh aplikasi untuk usaha anda juga. Akan tetapi jika ada aplikasi anda yang sudah jarang anda gunakan, sebaiknya anda hapus saja. Agar  smartphone anda tidak menampung terlalu banyak beban yang akhirnya menyebabkan smartphone lelet.

Download aplikasi di situs resmi

Seperti yang sudah dijelaskan di awal. Saat mendownload aplikasi untuk smartphone harus dari situs resmi. Mengapa? Tentu saja aplikasi di situs resmi aplikasi yang aman dan original. Beberapa pihak kadang suka mengambil keuntungan dengan cara membuat aplikasi modifikasi atau aplikasi tiruan. Banyak aplikasi yang sengaja diciptakan ntuk merusak system smartphone anda. Seperti malware, spyware bahkan virus. Saat mendownload pastikan anda melihat rating dan ulasan aplikasi tersebut. Semakin baik atau semakin tinggi rate ( jumlah bintang) yang diberikan oleh pengguna lain pada sebuah aplikasi, maka aplikasi itu termasuk aman untuk smartphone anda.

Pilih aplikasi yang hemat daya dan data

Aplikasi yang paling banyak diminati adalah aplikasi yang tidak banyak memakan data dan daya. Karena selain menghemat data internet juga menghemat penggunaan baterai agartahan lama.