Bagaiamana Artificial Intelligence (AI) pada Smartphone

0
147

Apakah Anda pernah mendengar tentang Artificial Intelligence? Sebuah teknologi teranyar yang disebutsebut sebagai kecerdasan buatan yang dapat menjanjikan kehidupan lebih mudah di masadepan. Pembuatannya diadopsi dari kecerdasan manusia, nantinya bisa disematkan dalam gadget, perangkat lunak, dan sebagianya. Ambil contoh, bagaimana Artificial Intelligence padasmartphone bekerja?

AI pada Smartphone Bagi Manusia

Adanya AI digadanggadang dapat memberi keuntungan seperti desain visual, aplikasi penterjemahan, editing, bahkan dapat mengintegrasikan smartphone dengan peralatan lain suatu hari bahkan mobil. Keuntungan ini jugalah yang mungkin saja dapat mengancam manusia. Mengapa? Beberapa pekerjaan akan tergusur, seperti penterjemah, dokter, bahkan guru. Inilahyang terkadang menjadi kekhawatiran.

Bagaimana Artificial Intelligence pada Smartphone Beroperasi?

AI digunakan pada fitur kamera ponsel sehingga nantinya, gambar dari tangkapan ponsel akan memiliki kualitas yang jauh lebih tinggi dari sekarang bahkan tanpa sensor dan lensa kamera besar. Jadi, tak hanya sekedar bisa mempercantik gambar saja.

Dasar kerja AI biasanya akan dibantu dengan server supaya dapat mengolah gambar. Setelah melewati tahap olah gambar, hasilnya baru akan ditampilakan. Dengan kata lain, membutuhkan waktu. Supaya lebih efektif, AI bisa disematkan pada SoC atau System on Chip agar dapat cepat beradaptasi dengan hal baru. Sistem ini seperti otak manusia yang selalu belajar setiap bersinggungan dengan hal baru.

Jika kemampuan dari AI ini dapat berjalan dengan baik, kamera akan secara otomatis memperbarui sendiri kualitasnya. Semakin hari menjadi semakin baik, bukan seperti kualitas kamera biasa yang semakin lama hasilnya semakin kurang.

AI pada Oppo F5

Ternyata AI sudah bisa ditemukan pada Oppo F5, tak heran jika kemampuan kamera ponsel ini beradadi atas rata – rata. Untuk selfie, jelas menjadi juara. Cara kerjanya, AI akan menganalisa wajah lebih akurat, mencapai 254 titik di wajah. Dari sini, efek beauty bisa diterapkan. Canggihnya, antara pria dan wanita berbeda, untuk usia muda dan tua pun akan mendapat efek berbeda.

Hasilnya jelas jauh dari efek beauty pada kamera biasa. Sebab, memang semua berdasarkan pada analisa umur, jenis kelamin, warna kulit, dan bahkandetail kecil lain.