Cara Buat Hashtag yang Tepat agar Jadi Trending

0
22

Dalam dunia microblogging seperti Twitter, hashtag atau tagar adalah sesuatu yang penting. Mengapa? Karena dengan menggunakan fitur ini saja, Anda bisa menciptakan yang namanya trending dan dilihat oleh banyak orang di seluruh dunia.

Hashtag juga berguna untuk melakukan pencarian. Dengan melakukan klik pada hashtag, semua posting atau tweet tentang itu akan keluar semuanya. Nah, kira-kira bagaimana cara membuat hashtag yang trending?

5 Cara Buat Hashtag Viral

1. Buat hashtag yang umum dan sesuai dengan banyak orang

Hashtag yang terlalu personal kadang tidak diminati oleh orang lain. Hanya beberapa orang saja yang ikut menggunakannya. Namun, kalau hastag yang digunakan sesuai dengan banyak orang, misal slogan, kemungkinan viral akan besar.

2. Tweet di waktu yang tepat

Lakukan tweet atau posting di waktu yang tepat. Umumnya masyarakat di Twitter memiliki waktu khusus untuk sekadar scrolling timeline atau melakukan live tweet. Kalau hashtag muncul di waktu yang tepat, kemungkinan jadi viral akan besar.

Waktu yang cukup dianjurkan adalah jam-jam mendekati makan siang sampai sesudahnya. Misal mulai dari jam 11.00 sampai 13.00. Hindari melakukan tweet terlalu malam atau pagi.

3. Punya banyak follower akan lebih baik

Semakin banyak pengikut yang Anda miliki, semakin besar pula peluang untuk mendapatkan trending hashtag. Mengapa? Karena dari follower lah hashtag akan dilihat, diikuti, dan di retweet berkali-kali sampai tercatat oleh sistem.

4. Lakukan interaksi

Tagar yang viral atau trending biasanya memiliki interaksi yang baik. Untuk itu, coba lakukan interaksi yang baik dengan pengikut. Bisa dengan mengajak diskusi yang baik atau cara lain yang pantas dan tidak memancing isu sensitif.

5. Memahami audiens yang dimiliki

Pahami audiens atau follower yang Anda miliki. Mereka biasanya memiliki kesenangan sendiri-sendiri secara spesifik. Kalau mau tagarnya jadi viral, gunakan apa yang mereka suka sebagai tema agar dapat tanggapan baik.

Dengan menerapkan cara di atas, tagar yang Anda ciptakan bisa dengan mudah didapatkan. Meski demikian, tetap ikuti tren yang sedang berjalan. Tanpa tren, tagar atau hashtag akan sulit untuk viral dan dikenal oleh banyak orang.