Cara Cek IMEI Hp Berbagai Merk, BM atau Resmi?

0
51

Beredarnya kabar bahwa pemerintah Indonesia akan menerapkan sistem regulasi IMEI membuat kita sebagai konsumen was-was apakah smartphone yang kita gunakan merupakan produk resmi atau tidak.

Saat ini banyak modus yang memasang smartphone dari berbagai merek dengan harga yang sangat murah, tapi smartphone yang dijual merupakan yang terbaru. Bahkan, banyak yang menjualnya dengan harga setengah lebih murah dari harga aslinya. Biasanya hal ini adalah penipuan bertopeng smartphone blackmarket, atau sungguhan ponsel blackmarket. Anda bisa cek IMEI dengan cara ini.

Mengenal IMEI

Merupakan serangkaian angka unik yang dimiliki oleh banyak smartphone untuk mengidentifikasi perangkat ponsel mengenai kemampuan jaringan yang dimiliki dan juga mengidentifikasi nomor mengenai fungsi yang dimiliki oleh smartphone. IMEI memiliki 14 sampai 15 digit dan setiap ponsel memiliki nomor IMEI yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Nomor IMEI yang tidak terdaftar dikatakan ilegal, sudah pasti sudah tidak bisa menggunakan kartu SIM Card yang ada.

Fungsi IMEI

Melindungi produksi smartphone yang dimiliki oleh berbagai merek merupakan salah satu dari fungsi memiliki IMEI. Sehingga bisa melindungi dari berbagai hal – hal yang merugikan untuk pihak pengembang, contohnya barang selundupan dan juga barang yang tidak layak di distribusikan. Selain itu juga dengan adanya IMEI juga bisa membantu perbaikan jika terjadi pada pihak distributor.

Jadi, bisa dikatakan dengan hadirnya IMEI pada setiap smartphone akan memberikan banyak dampak baik bagi  pengguna dan pemilik smartphone.

Cara Cek IMEI Hp Berbagai Merk

Banyak  cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek nomor IMEI yang dimiliki oleh setiap smartphone. Salah satunya dengan masuk ke pengaturan, pilih About Phone, lalu pilih Status. Disitu anda akan melihat nomor IMEI yang dimiliki oleh smartphone tersebut. Atau dengan masuk ke mode telepon, lalu ketik *#06# lalu tekan OK. Kemudian akan muncul IMEI yang dimiliki oleh ponsel anda.

Walaupun anda menggunakan smartphone jenis apapun dan tipe apapun. IMEI sudah menjadi bagian terpenting dalam smartphone, pastikan sebelum membeli anda sudah mengecek kesamaan dari IMEI yang dimiliki oleh ponsel. Jika terdapat perbedaan anda bisa langsung segera tukar di tempat anda membeli. Karena di khawatirkan akan memiliki kualitas yang buruk dan juga sudah ada yang diganti.

Situs Untuk Cek Imei

untuk mengecek apakah handphone Anda terdaftar dapat anda cek disini http://Imei.info