Cara Cek Saldo E-Toll di Smartphone Android

0
214

Kini, pengguna kendaraan yang melakukan perjalanan menggunakan tol, harus menyiapkan kartu e-money untuk pembayarannya. E-money merupakan kartu elektronik yang dikeluarkan Bank Mandiri. Dengan menggunakan kartu, pengendara tidak perlu menyiapkan uang cash. Semua pembayaran hanya dengan satu tap saja di setiap gerbang tol.

Namun sayangnya, bisa jadi pengendara lupa dengan jumlah saldo yang ada di dalamnya. Sementara, saldo hanya bisa diisi di beberapa merchant tertentu seperti Alfamart dan Indomart. Jika saldo habis saat di tengah jalan, tentunya akan menyusahkan perjalanan. Tapi anda bisa mengeceknya hanya dengan menggunakan Android. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah dua cara termudahnya!

Cek Saldo E-toll dengan NFC

Tidak semua smartphone dilengkapi dengan fitur NFC, namun jika ponsel anda mendukung fitur ini maka anda beruntung. NFC merupakan Near Field Communcation yang bisa digunakan untuk mengetahui saldo e-toll. Caranya adalah:

  • Pastikan terdapat fitur NFC pada smartphone anda. Jika anda, isntal aplikasinya.

  • Tap kartu e-money anda di bagian belakang ponsel. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi bagian chip di kartunya.

  • Lihat bagian layar. Jika sudah terdeteksi, maka saldo akan muncul di layarnya.

  • Jika saldo tersisa sedikit, maka anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk mencari merchant terdekat dan melakukan top-up.

Cek Saldo E-toll dengan Internet Banking

Cara yang satu ini bisa dilakukan jika smartphone anda tidak mendukung teknologi NFC. Pastikan data internet anda dalam kondisi menyala dan memiliki kuota internet. Anda hanya perlu melakukan internet banking melalui ponsel. Perlu diingat bahwa sebaiknya anda memiliki rekening Bank Mandiri karena untuk login memerlukan username dan kata sandi.

  • Buka browser lalu masukkan alamat http://ib.bankmandiri.co.id/

  • Login dengan menggunakan nama pengguna dan kata sandi anda

  • Pilih pilihan “Uang elektronik” lalu piih informasi saldo

  • Kemudian, masukkan semua angka yang terdapat pada kartu e-money

  • Sisa saldo yang ada pada e-money anda akan muncul, juga riwayat penggunaannya

Selain menggunakan internet, pulsa anda juga akan terpotong Rp 1000 oleh akses i-Banking ini. Maka pastikan bahwa pulsa anda mencukupi sebelum login.