Cara Menghubungkan Mendeley ke Word untuk Pemula

0
276
cara menghubungkan mendeley ke word

Cara menghubungkan Mendeley ke word yang baik dan benar penting diketahui Sobat Zona Gadget Indonesia yang sedang mengerjakan skripsi atau sedang membuat laporan penulisan ilmiah. Dengan mengetahui caranya, kamu menjadi lebih mudah dalam menulis sumber rujukan.

Mendeley sendiri adalah perangkat lunak yang akan membantu menyederhanakan alur kerja manajemen referensi penulisan. Aplikasi ini juga menyediakan plugin yang bisa digunakan secara otomatis di Ms. Word. Buat kamu yang masih pemula, inilah beberapa cara untuk menghubungkan Mendeley ke word dengan mudah.

Baca Juga : Cara Menghubungkan Kamera HP ke Laptop untuk Zoom

Inilah Cara Menghubungkan Mendeley ke Word untuk Pemula

Inilah Cara Menghubungkan Mendeley ke Word untuk Pemula
Sumber foto : Mendeley.com

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menghubungkan aplikasi mendeley ke word dari Zona Gadget Indonesia:

Baca Juga : Cara Menghubungkan Kamera HP ke HP Lain Tanpa Aplikasi

  1. Pertama, kamu harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi Mendeley. Aplikasi ini bisa diunduh di laman resminya yaitu https://www.mendeley.com/download-reference-manager/.
  2. Pilih versi perangkat lunak sesuai dengan perangkat yang digunakan. Ada versi Linux, Windows atau MacOS. Kamu bisa memilih salah satu versi yang tersedia.
  3. Setelah aplikasi Mendeley berhasil diunduh, langsung instal dengan mengikuti instruksi yang tertera di layar.
  4. Setelah itu, buka Mendeley lalu klik tab “Tools” dan pilih “Install Ms Word Plugin”. Kemudian Mendeley akan mendeteksi aplikasi pengolah kata yang digunakan.
  5. Apabila sudah dipasang di Ms Word, plugin Mendeley bisa ditemukan di tab “Reference” pada Windows. Plugin Mendeley akan muncul sebagai panel terpisah jika akamu menggunakan Mac.
  6. Cara untuk menggunakan Mendeley yang terpasang di word adalah klik tab “Reference” atau “tarik dokumen” ke desktop Mendeley.
  7. Dokumen yang dimasukkan tersebut secara otomatis akan diproses oleh Mendeley. Mulai dari jenis dokumen (buku, jurnal dan lainnya), judul dokumen, tahun terbit dan sebagainya. Hal ini berarti kamu tidak perlu repot-repot memasukkan referensi satu per satu.
  8. Jika ingin menambahkan sitasi di akhir kalimat yang ditulis, kamu bisa mengarahkan kursor di tempat yang akan ditulis kutipan atau sitasi.
  9. Setelah itu, klik “Insert Citation” lalu pilih dokumen yang akan dikutip.
  10. Gunakan opsi “Insert Bibliography” jika kamu ingin menambahkan daftar pustaka.
  11. Kamu juga bisa mengubah gaya kutipan dan daftar pustaka sesuai kebutuhan.

Baca Juga : 2 Tutorial Cara Menghubungkan Smartwatch ke Android

Itulah cara menghubungkan Mendeley ke word untuk pemula dari Zona Gadget Indonesia. Bisa dibilang langkah-langkah menghubungkannya sangat mudah sehingga pemula sekalipun bisa melakukannya. Semoga bermanfaat ya!