Review Oppo Reno 10x Zoom

0
71

Pada tanggal 10 Juni 2019, perusahaan ponsel asal Korea Selatan, Oppo resmi mengeluarkan produk smartphone terbarunya bertajuk Oppe Reno 10x Zoom.  Perlu diketahui, jika varian terbaru Oppo ini memang termasuk dalam Reno Series yang memiliki 5 varian. Sesuai dengan namanya, Oppo Reno 10x Zoom memiliki keistimewaan dalam pengaturan kamera yang mengusung mekanisme zoom optic hingga 10 kali.

Spesifikasi Oppo Reno 10x Zoom

1. Desain

Mari kita mulai membahas spesifikasi Oppo Reno 10x Zoom dari sisi desain terlebih dahulu. Oppo menerapkan konsep kekinian dan futuristic dalam flagship terbarunya ini. Oppo Reno 10x Zoom ini memiliki dimensi dengan ukuran 162 x 77,2 x 9,3 mm. Smartphone satu ini memiliki bobot 215 gram, cukup tipis dan ringan untuk ponsel yang mengikuti gaya kekinian.

Smartphone ini juga menyediakan layar seluas 6,6 inch dilengkapi dengan teknologi AMOLED, yang menjamin kualitas visual yang seimbang dan atraktif. Pada sektor visual ini, Oppo Reno 10x Zoom sangat memanjakan penggunanya karena ia juga sudah memiliki kemampuan resolusi hingga 1080 x 2340 full HD, sehingga mampu menampilkan visualisasi tajam dan kejernihan maksimal.

Oppo menyebut layar yang disematkan dalam Oppe Reno 10x Zoom sebagai panoramic screen. Rasio bodi dan layar tembus hingga 93,1 % sehingga pengguna bisa sangat lega saat melihat konten ataupun bermain game. Oppo Reno 10x Zoom juga menyediakan 4 pilihan warna menarik yaitu Black, Green, Purple dan Pink.

2. Dapur Pacu

Beralih ke dapur pacu, Oppo Reno 10x Zoom ini juga memiliki spesifikasi gahar. Mulai dari tertanamnya chipset Qaualcomm SDM885 Snapdragon 885 yang berkolaborasi dengan prosesor Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 485 dan 3X2.42 ghZ Kryo 485 dan 4×1.8 GHz Kryo 485). Dengan bekal ini, tak heran jika nantinya sistem operasional smartphone ini stabil dan istimewa.

Tak hanya itu, Oppo Reno 10X Zoom juga dibekali RAM dengan ukuran jumbo. Tak tanggung-tanggung, ada dua pilihan RAM yaitu 6 GB dan 8 GB yang siap menjamin respons cepat sistem multitasking secara maksimal. Ada pula kartu grafis berupa GPU Adreno 640, yang bakal menjamin Oppo Reno 10x Zoom memiliki grafis visual yang lembut dan elegan.

Oppo Reno 10x Zoom mengusung platform android paling baru yaitu, Android Pie 9.0. Soal ruang penyimpanan, ponsel ini juga bisa dibilang sangat mumpuni. Oppo Reno 10x Zoom menyediakan memori internal sebesar 128 GB dan 250 GB. Dua pilihan ini membuat pengguna nantinya memiliki ruang penyimpanan memadai untuk berbagai file dan aplikasi.

Ruang penyimpanan internal ini masih bisa diperluas lagi dengan ruang penyimpanan dari Kartu SD yang bisa mencapai 250 GB. Dengan demikian, penyimpanan tak hanya terfokus pada penyimpanan internal semata, melainkan bisa dibagi ke kartu SD.  Dari aspek ini saja, pengguna sudah sangat puas dan pantas untuk melabeli Oppo Reno 10x Zoom ini smartphone dengan kualtias jempolan.

3. Fitur

Selanjutnya, beralih ke fitur pada Oppo Reno 10x Zoom berikut ini. Tentu saja, kita akan langsung terfokus pada fitur kamera yang dimiliki ponsel ini. Maklum, secara nama saja, varian terbaru Oppo ini sangat pede menonjolkan keunggulan pada teknologi Kamera, Pada lini pemotretan ini, Oppo Reno 10x Zoom dibekali dengan dual kamera dengan kemampuan sensor 48 MP + 20 MP.

Belum berhenti di situ, dual kamera yang diusung Oppo Reno 10x Zoom ini dilengkapi sistem Periscope camera 5x Optical Zoom dan TOF 3D Kamera. Lagi-lagi sesuai dengan namanya, kamera utama Oppo Reno 10x Zoom ini memiliki kemampuan zoom lensa hingga 10 kali. Pengguna dipastikan akan mendapatkan kualitas foto yang tajam dan jernih layaknya hasil foto dari kamera DSLR Pro.

Untuk kamera depan, Oppo membekali kamera 16 MP agar pengguna dapat selalu menggunakannya untuk kebutuhan selfie dengan hasil yang juga sangat memuaskan. Kamera depan menggunakan sistem kamera pop up yang menghilangkan notch sehingga layar terlihat semakin luas. Jadi, untuk fitur kamera sendiri, ponsel ini sangat mumpuni dengan berbagai teknologi yang ditawarkan.

Menuju bagian lain, yaitu fitur konektivitas, Oppo Reno 10x Zoom sudah mendapat dukungan jaringan internet 4G LTE sehingga siap menjamin kecepatan internet untuk pengguna. Berikutnya, slot dual SIM juga disediakan sebagai salah satu fitur yang memudahkan pengguna untuk berkomunikasi.

Beberapa fitur konektivitas lainnya cukup mumpuni seperti Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, Bluetooth, USB type c, dan USB OTG. USB OTG dan USB type C hadir untuk mendukung aktivitas pengguna dalam hal transfer fileantar perangkat. Satu fitur terakhir pada Oppo Reno 10x Zoom ini adalah pada navigatornya yang sudah menggunakan A-GPS, GLONASS, BDS dan Galileo.

Oppo Reno 10x Zoom mengusung baterai dengan jenis Li-Po (Lithium Polymer), yang memiliki kualitas di atas baterai jenis Li-On. Untuk kapasitasnya, baterai ini akan mengusung tenaga 4065 mAh dan sudah dibekali fitur pengisian daya cepat Vooc 3.0. Sehingga dijamin, bahwa smartphone ini sangat awet dan cocok dibawa pergi seharian.

4. Harga

Setelah mengetahui berbagai spesifikasi, fitur dan juga kualitas Oppo Reno 10x Zoom, mari saatnya menilik harga dari flagship keluaran terbaru Oppo ini. Ponsel ini tentu saja tidak akan dibendrol dengan harga terjangkau, melihat spesifikasinya. Kabarnya, Oppo Reno 10x Zoom akan dibandrol dengan harga 550 Euro, atau jika dirupiahkan senilai Rp 8,7 juta.