Siap Menyaingi Tik Tok, Instagram Reels mulai digemari warganet

0
12

Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi turut andil dalam menentukan inovasi dan kreativitas yang diciptakan oleh masyarakat. Mereka beramai-ramai menggunakan beberapa aplikasi agar eksis. Contohnya adalah Tik Tok dan Instagram yang mempunyai kelebihan masing-masing. Baru-baru ini, Instagram sudah mengeluarkan fitur terbaru yang disebut bisa menyaingi Tik Tok.

Apa Itu Instagram Reels dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Bernama Reels yang mengusung tema video singkat. Apabila dilihat secara lebih seksama, fitur ini mirip dengan Tik Tok yang mana bisa digunakan untuk mengedit klip, menambahkan efek audio dan alat lainnya untuk mempercantik video. Reels diletakkan di dalam jendela story atau kamera Instagram.

Anda bisa merekam secara langsung momen yang diabadikan atau mengambil dari penyimpanan galeri. Sayangnya, Reels ini belum ada di Indonesia, baru tersedia di 50 negara dengan pasar strategis. Contohnya adalah Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Spanyol, Prancis dan lain-lain. Beberapa fiturnya adalah:

1.     Audio Baik Original ataupun Lagu Orang Lain

Pengguna bisa menggunakan audio asli atau orang lain yang diselipkan ke dalam video. Sama seperti Tik Tok apabila Anda langsung merekam dengan audio original maka secara otomatis nama Anda akan ditautkan. Pengguna lainnya juga bisa menggunakan itu apabila postingan tidak di private.

2.     Efek Augmented Reality (AR)

Pada Instagram Reels, Anda juga bisa memilih efek di galeri yang dibuat oleh kreator di seluruh dunia ataupun Instagram sendiri. Anda bisa merekam berkali-kali walaupun dengan efek yang berbeda.

3.     Timer and Countdown

Anda bisa mengatur timer apabila merekam clip menggunakan hands-free.  Ketika menekan tombol rekam, maka hitungan mundur akan dimulai.

4.     Align

Anda bisa menata objek dari klip yang sebelumnya sebelum beralih ke klip yang lain. Tujuan adanya fitur ini adalah untuk membantu pengguna agar menciptakan transisi yang mulus, seperti contoh perubahan pakaian, foto ataupun yang lainnya.

5.     Kecepatan

Terakhir, Anda bisa menentukan kecepatan dari suara atau video yang dipilih pada klip yang sudah dibuat. Bisa juga digunakan untuk slow motion loh.

Cara penggunaannya gampang sekali, tinggal menekan tombol merekam kemudian indikator proses bisa dilihat di bagian atas layar. Setelah itu, Anda bisa mengedit menggunakan berbagai macam alat yang ada di sebelah kiri layar.