Tren Penyimpanan Digital, 5 Aplikasi Cloud Storage Dijamin Aman

0
219

Berkembangnya teknologi yang semakin pesat membuat banyak orang berbondong-bondong memiliki smartphone yang seakan-akan sudah menjadi kebutuhan wajib dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan, kemudahan yang diberikan oleh smartphone seperti dalam memenuhi kebutuhan komunikasi pribadi maupun sebagai alat untuk bisnis.

Banyaknya pengguna smartphone membuat adanya teknologi baru seperti layanan Cloud Storage yang merupakan layanan penyimpanan data praktis dan memiliki ruang penyimpanan yang besar dan bisa diakses dimanapun dan kapanpun melalui berbagai macam perangkat dan platform, selama terhubung dengan internet.

Dengan berbagai manfaat dan layanan yang ditawarkan, yuk kita cari tau kira-kira cloud storage apa saja yang patut dicoba.

Google Drive

Google Drive merupakan layanan Cloud Storage dari Google. Google Drive ini memberikan penyimpanan gratis sebesar 15GB yang dibagi dengan berbagai layanan milik Google lainnya seperti Gmail, GoglePlus, dan lain sebagainya. Dengan Google Drive, kalian dapat menyimpan, berbagi, dan mengedit file dengan mudah dari berbagai perangkat.

Kalian juga dapat berkoloborasi dengan orang lain untuk mengakes dan bekerja dengan file seoerti dokument, spreadsheet, dan presentasi. Selain itu, Google Drive uga memiliki banyak fitur yang dapat kalian dapatkan dengan memanfaatkan fungsi pada aplikasi web yang lain. Memiliki Cloud Storage yang satu ini juga cukup mudah karena kalian hanya perlu memiliki akun email dari Google, Gmail.

DropBox

Dropbox merupakan layanan cloud storage terbaik di dunia saat ini. Dengan menggunakan Dropbox, kalian dapat menyimpan semua file dengan kemudahan akses serta share. Dropbo sangat mudah digunakan dan tersedia di hampir semua platform dan perangkat.

Cloud Storage yang satu ini memberikan ruang penyimpanan sebesar 2GB gratis untuk setiap pengguna dan kalian juga dapat mendapatkan ruang penyimpanan tambahan lebih besar hingga mencapai 16GB secara gratis apabila berhasil mengajak teman untuk menggunakan layanan Dropbox.

Box

Dikalangan bisnis dan perusahaan, layanan cloud storage yang sangat populer adalah Box. Box akan memberikan 10GB penyimanan gratis untuk penggunaan pribadi. Dengan akun pribadi kalian hanya dapat meng-upload file yang lebih kacil karena dibatasi hanya 250 MB saja ke media cloud storage milik Box.

Namun, kalian tetap dapat mengakses file dengan menggunakan berbagai macam perangkat dan platform dengan berbagai sistem operasi.

Mega

Mungkin kalian tidak asing dengan nama layanan yang satu ini. Mega meruoakan layanan yang berasal dari file hosting megaupload.com yang sangat populer sebagai layanan download upload.

Setelah megaupload.com resmi ditutup, pihak perusahaan tersebut merilis Mega sebagai layanan penyimpanan berbasis cloud storage yang memberikan ruang penyimpanan gratis mencapai 50GB.

NextCloud

Nextcloud dapat dikatakan sebagai tipe lain dari cloud storage karena tidak seperti cloud storage kebanyakan yang menggunakan penyimpanan yang jauh entah dimana, Nextcloud justru memungkinkan user untuk membuat cloud storage sendiri dengan sumber penyimpanan yang berasal dari PC user.

Netcloud bekerja seperti cloud storage pada umumnya hanya saja memiliki fleksibilitas yang lebih baik dari yang lain. Cloud storage yang satu ini cocok untuk kalian yang suka ide cloud storage namun tidak ingin file berada di server suatu perusahaan.

Demikian ulasan kami mengenai beberapa aplikasi cloud storage yang dapat kalian gunakan. Menurut kalian, layanan manakah yang paling berguna? Buktikan kecanggihan fiturnya sekarang juga.