3 Tips Cara Mengatasi HP Xiaomi Terendam Banjir

0
136
Mengatasi HP Xiaomi Terendam Banjir

Xiaomi adalah salah satu merek ponsel ternama asal Cina yang sedang naik daun di Indonesia. Memiliki fitur canggih dan harga yang terjangkau, ponsel pintar ini banyak dijadikan pilihan oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Indonesia termasuk negara yang rawan banjir, sehingga masyarakat perlu melindungi ponselnya agar tidak sampai terendam. Berikut cara mengatasi HP Xiaomi terendam banjir yang bisa Anda lakukan.

1. Segera Mengeluarkannya dari Air

Segera Mengeluarkannya dari Air

Pertama, Anda harus sesegera mungkin mengeluarkan ponsel Xiaomi dari air. Hal ini dilakukan guna membuat air tidak terus menjalar ke bagian-bagian penting ponsel. Setelah mengeluarkannya dari air, Anda perlu memindahkannya ke tempat kering.

Jika sudah dipindahkan ke tempat kering, Anda harus segera mematikan ponsel. Umumnya, ponsel tidak akan langsung mati saat terendam air. Hal ini justru berbahaya karena dapat memicu adanya konsleting pada aliran listriknya. Maka dari itu, segera matikan ponsel sesaat setelah ponsel dipindahkan.

2. Keluarkan Sim Card, Baterai, dan MicroSD

Keluarkan Sim Card, Baterai, dan MicroSD

Kedua, Anda harus bisa memisahkan komponen penting seperti baterai, sim card, dan microSD. Pemutusan baterai dilakukan guna memutus aliran energi dan menghindari adanya kerusakan yang lebih banyak. Namun, untuk pengguna ponsel Xiaomi yang memakai baterai tanam, Anda tidak perlu khawatir karena ponsel akan aman asal sudah dimatikan.

Selain baterai, Anda perlu melepas sim card dan microSD. Air yang masuk ke dalam ponsel bisa lebih mudah keluar melalui slot sim card dan microSD.

3. Meletakkan Ponsel Xiaomi ke Dalam Beras

Meletakkan Ponsel Xiaomi ke Dalam Beras

Pernah mendengar mitos untuk memasukkan ponsel ke dalam beras jika terkena air? Nampaknya, hal ini bukan hanya sekedar mitos belaka saja. Setelah air berhasil dikeluarkan melalui lubang microSD dan simcard, Anda bisa meletakkan ponsel ke dalam beras selama 48 sampai 72 jam.

Pastikan seluruh bagian ponsel terendam guna membantu mengeluarkan sisa-sisa kelembaban yang ada di dalamnya. Sebagai tips, putar posisi ponsel menghadap ke bawah agar air yang tersisa dalam ponsel bisa hilang seluruhnya.

Demikianlah tips mengatasi ponsel Xiaomi terendam banjir. Untuk Anda yang mungkin mengalami kondisi tersebut, segera lakukan beberapa tindakan di atas lalu bawa ponsel ke tempat service terdekat untuk pengecekan ulang terkait kondisi ponsel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here